Larang Pelancong dari RI, Bagaimana Kondisi di Wilayah Perbatasan Arab Saudi?

Agnes Teresia, Okezone · Senin 19 Juli 2021 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 18 2442765 larang-pelancong-dari-ri-bagaimana-kondisi-di-wilayah-perbatasan-arab-saudi-inPkNHUyzL.jpg Ilustrasi pelancong (Foto: Shutterstock)

ARAB SAUDI - Pemerintah Arab Saudi melarang penerbangan internasional akibat pandemi Covid-19 sejak Februari lalu. Indonesia merupakan salah satu dari daftar 20 negara yang tidak diperkenankan masuk Arab Saudi. Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Jumali menjelaskan situasi di wilayah perbatasan Arab Saudi setelah adanya kebijakan tersebut dalam Special Dialogue bersama Okezone.

“Nah saya kira cukup ketat juga batas-batas yang ada di Arab Saudi ini, mereka tetap memperlakukan pengetatan yang sifatnya itu warga asing tidak boleh masuk ke dalam Arab Saudi,” ungkapnya.

(Baca juga: Jamaah Haji Bersiap Wukuf di Padang Arafah)

Endang menambahkan Arab Saudi merupakan negara yang ketat dalam memberlakukan kedisiplinan. Jika melanggar aturan yang sudah ditetapkan, akan ada konsekuensi yang harus dijalani. Tidak hanya Arab Saudi, Endang juga mengatakan beberapa negara lainnya juga menetapkan pengetatan di wilayah perbatasan mereka.

“Nah itu dari konteks bagaimana pengetatan perbatasan-perbatasan yang ada di Arab Saudi baik dengan negara-negara teluk, tetangga atau Gulf country juga dengan negara-negara yang wilayah Syam ya, wilayah Jordan (Yordania), kemudian juga masuk ke Irak, kemudian ke Suriah dan juga Mesir. Mereka cukup ketat ya, perbatasannya,” terangnya.

(Baca juga: Perbedaan Mencolok Ibadah Haji Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini