Khotbah Haji: Imam Kakbah Desak Umat Islam Bersihkan Hati dari Kebencian, Bersikap Baik Terhadap Orang Lain

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 20 Juli 2021 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 18 2443289 khotbah-haji-imam-kakbah-desak-umat-islam-bersihkan-hati-dari-kebencian-bersikap-baik-terhadap-orang-lain-A9drdC8ei0.jpg Khotbah haji yang disampaikan Imam Sheikh Bandar bin Abdulaziz (Foto: Radio Pakistan)

MAKKAH - Jamaah haji berada di Padang Arafah ntuk melakukan wukuf. Mereka mendengarkan khotbah haji di sana yang disampaikan dari Masjid Namirah lalu salat Zuhur dan Ashar bersama-sama.

Menyampaikan khotbah haji, Imam Sheikh Bandar bin Abdulaziz  mendesak umat Islam untuk membersihkan hati mereka dari kebencian dan bersikap baik terhadap orang lain dalam urusan sehari-hari .

Dia mengatakan umat Islam harus menunjukkan kasih sayang kepada semua orang. Termasuk orang tua, anak-anak, kerabat, wanita, dan pelayan mereka sebagaimana diabadikan dalam Syariah.

Imam meminta umat Islam untuk melakukan tanggung jawab sosial mereka dan mengikuti hukum yang berlaku untuk mencegah kerusakan apa pun di bumi.

Dia mengatakan Muslim juga harus adil dalam masalah keuangan mereka dan tidak boleh menipu orang lain.

(Baca juga: PM Israel: Tidak Berubah, Orang Yahudi Dilarang Berdoa di Al-Aqsa)

Sheikh Bandar bin Abdulaziz telah mendesak umat Islam untuk secara religius mengikuti ajaran Nabi Muhammad S.A.W. untuk kesuksesan mereka dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Dia mengatakan semua ajaran Islam harus diamalkan dalam kehidupan.

Imam mengatakan orang beriman harus selalu sopan dalam berbicara bahkan dalam menyebarkan pesan Islam dan membujuk orang lain untuk mengikuti ajaran Islam.

(Baca juga: Umat Islam China Rayakan Idul Adha Hari Ini)

Dia mengatakan berkah Allah tidak terbatas dan seseorang harus menemukan kenyamanan dalam fakta ini dan terus mencarinya. Dia mengatakan pintu pengampunan selalu terbuka dan kita harus selalu mencari pengampunan ini dari Allah.

Sheikh Bandar bin Abdulaziz telah meminta umat Islam untuk menjaga masyarakat mereka bebas dari kekerasan dan ekstremisme.

Imam mengapresiasi pemerintah Saudi yang membuat pengaturan yang sangat baik bagi jemaah haji di tengah pandemi Covid-19 agar tidak menyebar.

Jamaah haji akan berangkat ke Muzdalifah setelah matahari terbenam untuk melakukan sholat Maghrib dan Isya bersama lalu menghabiskan malam di bawah langit terbuka.

Mereka juga akan mengumpulkan kerikil dari Muzdalifah untuk dilemparkan ke Setan (Jumra aqabah) keesokan paginya. Setelah melaksanakan Sholat Subuh di Muzdalfa, mereka akan berangkat ke Mina untuk menunaikan ibadah haji lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini