Ternyata Oksigen Palsu di Tulungagung Bukan untuk Manusia, tapi Ikan Hias

Hari Tambayong, iNews · Jum'at 23 Juli 2021 04:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 519 2444646 ternyata-tabung-oksigen-palsu-di-tulungagung-bukan-untuk-manusia-tapi-ikan-hias-M0TAqjBJoQ.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

SURABAYA - Adanya tabung oksigen palsu yang beredar di Tulungagung polisi menyebut bukan digunakan untuk pasien covid-19 tetapi untuk ikan. Tabung berisi oksigen tersebut biasa digunakan peternak ikan yang diisikan di dalam plastik untuk dikirim ke luar kota.

Dirkrimsus Polda Jatim Kombes Pol Farman, Kamis (22/07/2021) mengatakan, kasus Oksigen yang kejadiannya di Tulungagung bukan untuk kepentingan pasien COVID-19. Tetapi untuk ikan koi.

Farman juga menambahkan, temuan itu pertama diketahui oleh kalangan peternak ikan koi dan ikan hias di Kelurahan Tamanan dan di Desa Pulosari, Tulungagung. Saat itu, peternak ikan hias mulai menyadari bahwa oksigen tersebut diduga palsu, setelah ikan di kantong palstik yang diisi oksigen lemas hingga mati setelah beberapa menit diisi dengan oksigen kemurniannya di bawah standart.

Kombes Pol Farman lebih lanjut mengatakan, Satreskrim Polres Tulungagung tengah mendalami temuan itu, polisi juga telah mengamankan tabung oksigen yang dipakai dan diduga palsu. Untuk kasus ini Ditreskrimsus Polda Jatim juga melakukan penyelidikan untuk didalami apa ada kemungkinan dijual untuk pasien covid 19.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Christian Kosasih mengatakan, Para peternak ikan hias menduga tabung tersebut diisi udara biasa dari kompresor mesin tambal ban.

"Awalnya ada laporan dari komunitas ikan hias di Tulungagung, ada temuan oksigen yang diduga palsu. Tapi oksigennya bukan untuk kesehatan, itu oksigennya untuk mengemas ikan agar segar," paparnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini