Efek Polusi, Danau di Argentina Berubah Warna Jadi Pink Pekat

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 28 Juli 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 18 2447343 efek-polusi-danau-di-argentina-berubah-warna-jadi-pink-pekat-t3WDPZXah0.jpg Danau di Patagonia, Argentina berubah warna menjadi merah muda pekat akibat bahan kimia. (Foto: Twitter/@GeografiaGeralT)

BUENOS AIRES – Danau atau laut terkadang memiliki warna yang tidak biasa seperti hijau atau merah muda karena pengaruh flora dan mikroorganisme tertentu. Sayangnya, perubahan warna di salah satu danau di Argentina ini terjadi akibat ulah manusia.

Perairan Corfo Lagoon, di wilayah Patagonia selatan Argentina, berubah warna menjadi merah muda pekat pekan lalu, menunjukkan tanda-tanda peringatan polusi serius.

BACA JUGA: Sungai Suci Gangga Berubah Hijau, Timbulkan Kepanikan di Negara Bagian India 

Menurut AFP, warna aneh itu mungkin disebabkan oleh bahan kimia berlebih, seperti natrium sulfit, yang digunakan untuk mengawetkan udang untuk diekspor. Limbah dengan bahan kimia ini wajib dibersihkan sebelum dibuang.

"Warna kemerahan tidak menyebabkan kerusakan dan akan hilang dalam beberapa hari," kata Kepala Kontrol Lingkungan untuk Provinsi Chubut, Juan Micheloud, kepada AFP pekan lalu.

Diduga bahan kimia tersebut awalnya dibuang bersama limbah ikan ke Sungai Chubut yang mengarah ke danau. Aktivis lingkungan dan penduduk setempat menyalahkan polusi di kawasan industri Trelew yang memproses ikan untuk ekspor.

BACA JUGA: "Tornado Nyamuk" Menjulang Tinggi ke Langit Kejutkan Para Pengendara

Danau itu, tempat pemancingan utama, menyediakan ribuan pekerjaan di wilayah tersebut. Sementara itu, pencemaran yang terjadi baru-baru ini bukanlah yang pertama, dan perairannya telah beberapa kali diwarnai oleh bahan kimia.

"Mereka yang seharusnya memegang kendali adalah mereka yang memberi wewenang untuk meracuni orang," kata aktivis lingkungan Pablo Lada kepada AFP, menyalahkan pemerintah atas lokasi yang tercemar itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini