Taliban Serang 3 Kota Utama Afghanistan

Susi Susanti, Koran SI · Minggu 01 Agustus 2021 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 18 2449122 taliban-serang-3-kota-utama-afghanistan-IhJcRpk18s.jpg Pertempuran sengit terjadi di 3 kota besar di Afghanistan (Foto: EPA)

AFGHANISTAN - Pertempuran berkecamuk di sekitar tiga kota besar di Afghanistan selatan dan barat ketika gerilyawan Taliban berusaha merebut ketiga wilayah itu dari pasukan pemerintah.

Taliban telah memasuki bagian Herat, Lashkar Gah dan Kandahar. Mereka telah membuat kemajuan pesat di daerah pedesaan sejak diumumkan bahwa hampir semua pasukan asing akan pergi pada September mendatang.

Tetapi nasib kota-kota utama ini bisa menjadi sangat penting di tengah kekhawatiran akan krisis kemanusiaan dan berapa lama pasukan pemerintah akan mampu bertahan.

(Baca juga: Bahasa Siulan yang Bangkit dari Ancaman Kepunahan, Bagaimana Caranya?)

Milisi Islam fundamentalis diperkirakan telah menguasai hingga setengah dari seluruh wilayah Afghanistan, termasuk penyeberangan perbatasan yang menguntungkan dengan Iran dan Pakistan.

Di Lashkar Gah, gerilyawan dilaporkan hanya beberapa ratus meter dari kantor gubernur pada Sabtu (31/7), tetapi berhasil didorong mundur pada malam hari.

(Baca juga: Ketika Ikan Kecanduan Sabu-Sabu)

Itu adalah upaya kedua mereka dalam beberapa hari. Komandan pasukan Afghanistan mengatakan mereka telah menimbulkan korban yang signifikan pada gerilyawan pada Jumat (30/7).

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini