Kasus Covid-19 di Seluruh Dunia Tembus 200 Juta

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 05 Agustus 2021 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 18 2451191 kasus-covid-19-di-seluruh-dunia-tembus-200-juta-rrKenhN08B.JPG Seorang penggali makam mengenakan APD lengkap menggali kuburan untuk jenazah korban Covid-19 di Bogor, Jawa Barat, 8 Juli 2021. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kasus virus corona di seluruh dunia telah melampaui 200 juta pada Rabu (4/8/2021) , menurut penghitungan Reuters. Angka ini muncul setelah Varian Delta yang lebih menular mengancam daerah dengan tingkat vaksinasi yang rendah dan mengganggu sistem perawatan kesehatan di berbagai negara.

Lonjakan kasus global menyoroti kesenjangan yang melebar dalam tingkat inokulasi antara negara-negara kaya dan miskin. Kasus meningkat di sekira sepertiga dari negara-negara di dunia, banyak di antaranya bahkan belum memberikan setengah populasi mereka dosis pertama vaksin Covid-19.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Global Meningkat 80% Akibat Varian Delta 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu menyerukan moratorium booster vaksin Covid-19 hingga setidaknya 10% dari populasi di setiap negara divaksinasi.

“Kami membutuhkan pembalikan yang mendesak, dari sebagian besar vaksin masuk ke negara-negara berpenghasilan tinggi, ke sebagian besar ke negara-negara berpenghasilan rendah,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Asia Tenggara Jadi 'Medan Perang' Lawan Covid-19

Virus corona Varian Delta telah membalikkan semua prediksi dan kembali membuat perkonomian dunia tidak stabil. Para ahli berusaha keras untuk menemukan apakah varian terbaru dari virus corona dapat membuat orang-orang, terutama individu yang tidak divaksinasi, lebih sakit daripada sebelumnya.

Setidaknya 2,6% dari populasi dunia telah terinfeksi sejak pandemi dimulai, dengan angka sebenarnya kemungkinan lebih tinggi karena pengujian terbatas di banyak tempat.

Butuh lebih dari setahun untuk kasus Covid-19 mencapai angka 100 juta, sementara 100 juta berikutnya dilaporkan hanya dalam waktu enam bulan, menurut analisis. Pandemi ini telah menewaskan hampir 4,4 juta orang.

Indonesia termasuk di antara lima besar negara yang melaporkan jumlah kasus tertinggi dalam rata-rata tujuh hari terakhir, bersama Amerika Serikat (AS), Brasil, India, dan Iran. Jumlah kasus harian kelima negara ini mewakili 38% kasus Covid-19 yang dilaporkan di seluruh dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini