Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas hingga 3 Kilometer

Heru Trijoko, iNews · Kamis 12 Agustus 2021 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 510 2454336 gunung-merapi-muntahkan-awan-panas-hingga-3-kilometer-sMyIZgXFec.jpg Gunung Merapi (Foto :BPPTKG)

YOGYAKARTA - Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, Kamis (12/8/2021) dini hari, kembali mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas guguran sejauh 3 kilometer dari puncak kawah. Selain semburan awan panas, terjadi pula puluhan kali guguran lava pijar yang juga menyebabkan hujan abu tipis di sekitar barat daya lereng merapi.

Peristiwa erupsi Merapi terpantau kamera CCTV Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKH) Yogyakarta. Erupsi Merapi yang disertai awan panas guguran tersebut bahkan terjadi beberapa kali dan semuanya mengarah ke barat daya atau wilayah Kabupaten Magelang.

Erupsi itu di antaranya terjadi pukul 01.07 WIB dengan jarak luncur 2,5 kilometer. Kemudian pukul 01.16 WIB dengan jarak luncur 1,8 kilometer, lalu pukul 01.53 WIB dengan jarak luncur terjauh yakni 3 kilometer.

Selain itu, pada pukul 02.46 WIB erupsi terjadi dengan jarak luncur 1,8 kilometer. Meski demikian, semburan awan panas ini masih berada di radius aman dari permukiman penduduk yang berada di area 6 kilometer dari puncak Merapi.

Baca Juga : Kapalnya Ditabrak di Tengah Laut, 2 Nelayah Aceh Selamat

Berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi, tercatat peristiwa guguran lava pijar sebanyak lebih dari 35 kali. Peristiwa erupsi Gunung Merapi ini juga menyebabkan hujan abu tipis di sekitar barat daya dan utara lereng Merapi.

Kendati terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, namun status Gunung Merapi masih tetap berada di level tiga siaga. Warga masyarakat di sekitar lereng merapi dihimbau untuk tetap tenang dan namun tetap meningkatkan kewaspadaan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini