Presiden Prancis: Afghanistan Tidak Boleh Menjadi 'Surga Teroris' Lagi

Selasa 17 Agustus 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 18 2456856 presiden-prancis-afghanistan-tidak-boleh-menjadi-surga-teroris-lagi-y0d5v733aS.jpg Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: Reuters)

PRANCISPresiden Prancis Emmanuel Macron dalam pidato nasional yang disiarkan televisi pada Senin (16/8) mengatakan Afghanistan tidak boleh menjadi 'surga' bagi teroris lagi.

"Ini adalah tantangan bagi stabilitas dan perdamaian internasional dan kami akan melakukan segalanya dengan Rusia, Amerika Serikat, dan Eropa untuk bekerja sama secara efisien karena kepentingan kami sama," terangnya.

Berbicara dari Fort de Bréganç di kediaman musim panas presiden Prancis, Macron mengatakan adalah tugas Prancis untuk “melindungi mereka yang membantu kami. Yakni penerjemah, pengemudi, juru masak, dan banyak lainnya.

(Baca juga: Kemlu RI: Taliban Jamin Keamanan KBRI di Kabul)

Dalam pidato yang berlangsung lebih dari sepuluh menit, Macron mengatakan destabilisasi Afghanistan dapat menyebabkan arus migran ke Eropa.

"Oleh karena itu, kami akan membuat inisiatif, dengan Jerman dan negara-negara Eropa lainnya, untuk membangun respons yang kuat, terkoordinasi, dan bersatu tanpa penundaan, yang akan melibatkan perang melawan arus tidak teratur," ujarnya.

(Baca juga: Sekjen PBB Serukan Dunia Internasional Tak Abaikan Afghanistan)

Macron mengatakan pertarungan di Afghanistan adalah “adil” dan kehormatan bagi Prancis untuk berkomitmen pada pertarungan itu. Dia menegaskan Prancis hanya pernah memiliki satu musuh di sana yakni terorisme.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini