Jangan Sampai Salah Beli! Ini Obat Tiongkok yang Asli

Agustina Wulandari , Okezone · Minggu 22 Agustus 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 1 2459157 jangan-sampai-salah-beli-ini-obat-tiongkok-yang-asli-QeETZBGKRT.jpg Pien Tze Huang Obat Tiongkok Legendaris

Sejak pandemi Covid-19 BPOM telah menemukan banyak situs online maupun markerplace yang menjual barang palsu atau ilegal. Temuannya telah dikoordinasikan dengan beberapa pihak yang berkaitan, termasuk produsen hingga e-commerce penyedia layanan situs jual beli online.

Beberapa e-commerce pun telah menindak tegas para penjual atau toko online yang menjual obat atau vitamin palsu. Bahkan, mereka tak segan akan menempuh jalur hukum dan siap melaporkan penjual produk kesehatan palsu dan ilegal jika terbukti ada penjual yang melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku.

Tak hanya itu, mereka berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, dan tindakan lainnya sesuai prosedur yang berlaku. Upaya lain yang ditemouh agar para penjual jera adalah melakukan penetapan pengendalian harga produk dan menindak tegas toko atau penjual yang memasang harga produk tak wajar.

Untuk itu, sebagai konsumen yang sangat mementingkan kesehatan tubuh, Anda harus lebih bijak memilih obat yang dijual di toko obat maupun di e-commerce. Salah satu obat Tiongkok yang diburu masyarakat adalah Pien Tze Huang, dengan sejumlah khasiatnya terutama untuk kesehatan fungsi hati. Karena harganya yang tergolong mahal maka tak heran obat ini rentan dipalsukan.

 

Cek Keaslian Pien Tze Huang / sumber: pientzehuang.id

Oleh karena itu, sebagai konsumen yang cerdas Anda harus waspada dengan cara mengenali ciri-ciri dari Pien Tze Huang yang asli. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli Pien Tze Huang:

1. Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Ada harga, ada rupa. Produk yang murah memang dicari masyarakat. Namun jangan tergiur dengan harga murah. Produk palsu biasa ditawarkan dengan harga yang lebih murah ke konsumen.

2. Terdapat nomor ijin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan

Anda bisa mengecek apakah nomor ijin edar yang tertera pada kemasan terdaftar langsung dari BPOM dengan mengakses ke situs cekbpom.go.id

Untuk Pien Tze Huang Asli terdapat nomor ijin edar POM TI 164 250 351 untuk kemasan butir dan POM TI 164 350 341 untuk kemasan kapsul.

 3. Pastikan stiker keaslian berikut tertera pada kemasan

Di setiap kemasan Pien Tze Huang yang asli pasti terdapat tiga stiker resmi, yaitu stiker hologram PT Saras Subur Abadi, stiker label izin penggunaan bahan baku yang dilindungi oleh Pemerintah RRC, dan stiker hologram terdapat nomor seri pada bagian belakang kemasan. Oleh karena itu, pastikan stiker-stiker tersebut tertempel pada kemasan.

 

4. Pastikan Pien Tze Huang dibuka dan ditumbuk di depan Anda

Apabila anda membeli produk Pien Tze Huang di toko obat / apotek. Mintalah selalu kepada penjual untuk MEMBUKA dan MENUMBUK Pien Tze Huang di depan Anda. Perhatikan bahwa bubuk obat yang dikapsulkan adalah obat yang sama dengan yang ditumbuk.

 

Foto menumbuk pien tze huang di depan konsumen / sumber: dokpri

5. Mintalah selalu kemasan Pien Tze Huang yang Anda beli.

Setelah Anda membeli dan menerima obat, jangan lupa untuk meminta juga kemasannya. Hal ini bertujuan agar kemasan tidak disalahgunakan.

Foto Pien Tze Huang kapsul (kiri) dan Pien Tze Huang butir (Kanan)

6. Buka atau kelupas stiker hologram Pien Tze Huang

Membeli sebuah produk memang dibutuhkan ketelitian. Untuk memastikan Pien Tze Huang asli, buka dan kelupas stiker hologramnya, lalu pastikan terdapat 16 digit nomor seri produk yang terdapat di bagian kanan atas kemasan.

Periksalah keaslian produk dengan memasukkan nomor tersebut ke website http://english.t3315.com/ . Perhatikan bahwa setiap seri nomor hanya dapat diinput satu kali.

 

 Nah, demikianlah cara bijak memilih obat asli, khususnya Pien Tze Huang. Memang obat-obat murah banyak bertebaran di marketplace, namun Anda harus tetap selalu waspada saat membeli ya. Semoga bermanfaat! (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini