2.000 Penghuni Lapas Tanjung Gusta Disuntik Vaksin Covid-19

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Senin 23 Agustus 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 608 2459755 2-000-penghuni-lapas-tanjung-gusta-disuntik-vaksin-covid-19-R43zEbpHER.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

MEDAN - Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Klas I-Medan mulai menjalani vaksinasi Covid-19. Hari ini, sebanyak 2000 orang warga binaan disuntik vaksin.

Plh Kadiv PAS Kanwil Kemenkumham Sumut, Erwedi Supriyatno mengatakan, vaksinasi ini difasilitasi Polri melalui Polda Sumut. Vaksinasi ini merupakan langkah percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di kalangan narapidana.

"Kami ditargetkan oleh Dirjenpas agar semua warga binaan tanpa terkeceuali divaksinasi, karena ini terkait masalah nyawa. Tentunya semua harus divaksinasi," katanya Erwedi, Senin (23/8/2021).

Erwedi mengungkap dari 2.000 orang yang divaksin, 1.000 orang diantaranya merupakan warga binaan di Lapas Klas I- Medan dan 1.000 di Rutan Klas 1 Medan.

Erwedi menjelaskan, usai pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini dilakukan, pihaknya juga dengan cepat akan melakukan vaksin tahap kedua. Disinggung siapa saja WBP yang mendapat prioritas terlebih dulu divaksin, Erwedi menjawab adalah WBP lansia (lanjut usia), tahanan pendamping (tamping), dan tahanan rehabilitasi (rehab).

"Janji pak Kapolda akan melanjutkan untuk melalukan vaksin semua warga binaan. Namun, karena ketersediaan vaksin 1.000 masing-masing Lapas dan Rutan saat ini, sehingga baru dilaksanakan. Dan 28 hari setalah ini akan diberi dosis kedua," jelasnya.

Baca Juga : Ikut Vaksinasi Covid-19 MNC Peduli, Anak Ketua KPI Pusat: Jangan Takut Divaksin

Erwedi menambahkan bahwa pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini dilakukan satu hari dan dalam pelaksanaan vaksinasi ini juga Kapolda Sumut mengintruksikan agar Kapolres dan Kapolrestabes untuk ikut dalam membantu vaksinasi di Lapas dan Rutan.

"Ada beberapa Lapas yang sudah berkoordinasi dengan Polres. Ini yang pertama. Tapi, sebelumnya sudah ada di Lapas Pematang Siantar," tandas Erwedi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini