Share

Kebakaran Landa Bandara Kabul di Tengah Upaya Evakuasi dari Afghanistan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 24 Agustus 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 18 2460116 kebakaran-landa-bandara-kabul-di-tengah-upaya-evakuasi-dari-afghanistan-AYCq2zG43p.jpg Foto: Twitter.

KABUL - Kebakaran melanda Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, di tengah upaya evakuasi yang sedang berlangsung. Rekaman video menunjukkan kepulan asap membubung dari bandara.

BACA JUGA: Baku Tembak di Bandara Kabul Afghanistan Tewaskan Petugas Keamanan

Berita kebakaran itu tersiar pada Senin (23/8/2021) malam waktu setempat. Sedikit yang diketahui tentang tingkat keparahan atau asal api, tetapi video yang diposting ke media sosial menunjukkan asap membumbung dari bandara, yang telah menjadi titik fokus upaya evakuasi Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat selama seminggu terakhir.

Situasi keamanan di bandara Kabul tetap rapuh, dengan pasukan AS dan sekutu bekerja untuk mengevakuasi ribuan warga sipil mereka sendiri dan pengungsi Afghanistan dari Kabul. Beberapa jam sebelum kebakaran terjadi, pasukan AS dan Jerman terlibat baku tembak dengan penyerang tak dikenal, dalam baku tembak yang menewaskan satu tentara Afghanistan. Sedikitnya 20 orang tewas di bandara selama seminggu terakhir, kata seorang pejabat NATO kepada Reuters, Minggu.

BACA JUGA: Barat Ingin Perpanjang Evakuasi Warga dari Afghanistan, Taliban: Batasnya hingga 31 Agustus

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas apakah kebakaran itu berdampak pada penerbangan keluar dan masuk bandara. Selama akhir pekan penerbangan dari Bandara Hamid Karzai berlangsung tanpa henti, dengan Pemerintahan Presiden Joe Biden mengklaim telah mengevakuasi 11.000 orang dalam 36 jam terakhir.

AS dan sekutu Baratnya memiliki tenggat waktu hingga 31 Agustus untuk mengevakuasi ribuan orang lainnya dari Afghanistan. Taliban, yang merebut kekuasaan di Afghanistan lebih dari seminggu yang lalu, telah memperingatkan "konsekuensi" jika tenggat waktu tidak dipenuhi.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini