Share

Belanda Tambah Pasukan Militer Bantu Evakuasi Warga dari Afghanistan

Antara, · Selasa 24 Agustus 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 18 2460191 belanda-tambah-pasukan-militer-bantu-evakuasi-warga-dari-afghanistan-108ukSSClh.jpg Belanda tambah pasukan militer untuk bantu evakuasi dari Afghanistan (Foto: Reuters)

AMSTERDAM - Kementerian Pertahanan Belanda pada Minggu (22/8) mengatakan Belanda akan menambah pasukan militer di Afghanistan untuk membantu upaya evakuasi warga dari negara tersebut.

Pasukan yang jumlahnya tidak disebutkan itu akan dikirim untuk membantu 62 pasukan khusus Belanda yang sudah berada di bandara Kabul untuk mengamankan pesawat, melindungi warga yang berupaya meninggalkan Afghnaistan dan membantu staf kedutaan.

Pemerintah Belanda sebelumnya mengatakan bahwa seluruh 207 staf kedutaan lokal dan keluarganya telah meninggalkan Afghanistan dan sedang dalam perjalanan menuju Belanda usai pihaknya tidak dapat menjangkau bandara selama beberapa hari akibat kekisruhan di luar pintu masuk.

(Baca juga: AS Rekrut 6 Maskapai Komersial Bantu Evakuasi Warga dari Afghanistan)

Masih terdapat 700 lebih warga Belanda di Afghanistan yang menunggu untuk dievakuasi, kata Menteri Luar Negeri Sigrid Kaag pada Jumat (20/8). Sementara itu banyak warga Afghanistan bisa memenuhi syarat suaka di Belanda jika mereka berhasil tiba di sana.

Belanda mengoperasikan penerbangan evakuasi dengan menggunakan dua pesawat militer C-130 dan dalam proses mengevakuasi sekitar 1.000 warga Afghanistan, termasuk orang-orang yang bekerja sebagai penerjemah untuk Belanda dan keluarga mereka.

(Baca juga: Orang-Orang di Bandara Melarikan Diri dari Taliban Hanya Bawa 1 Koper, 14.000 Warga Menunggu Dievakuasi)

Menanggapi tuntutan di parlemen, pemerintah pekan lalu mengatakan juga akan berupaya mengevakuasi warga Afghanistan yang nyawanya mungkin terancam lantaran hubungan mereka dengan media atau misi bantuan Belanda di negara tersebut.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini