Jadikan Rumah Ibadah Sentra Penanggulangan Covid-19, Gerkindo Salurkan Sembako di Bandung

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Minggu 29 Agustus 2021 03:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 29 525 2462716 jadikan-rumah-ibadah-sentra-penanggulangan-covid-19-gerkindo-salurkan-sembako-di-bandung-QWrSvzKlTg.jpg Foto: Istimewa

BANDUNG - Gerakan Kasih Indonesia (Gerkindo) berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.  Sebagai salah satu sayap Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Gerkindo mendukung program pemerintah yang ingin menjadikan rumah ibadah sebagai sentra penanggulangan Covid-19. 

Lewat komitmen tersebut, jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerkindo terjun langsung untuk membagikan bantuan paket sembako kepada para jamaah, pendeta, dan rohaniawan terdampak pandemi di Kota Bandung.

Baca juga: Video Profile Partai Perindo

"Kali ini kami ingin menyuskseskan program pemerintah yang ingin menjadikan rumah ibadah sebagai sentra penanggulangan Covid-19. Jadi, Gerkindo menolong gereja atau rumah ibadah di bandung, memberikan contoh bagaimana rumah ibadah itu dapat menjadi sentra penanggulangan Covid-19 walaupun hanya secara ekonomi," tutur Ketua Umum DPP Gerkindo, Yerry Tawalujan di sela pembagian bantuan paket sembako di Yayasan Persekutuan Pengabarab Injil (YPPI), Jalan Rama, Kota Bandung, Sabtu (28/8/2021).

Menurut Yerry, banyak pemuka agama, khususnya para pendeta yang terdampak pandemi Covid-19. Mereka umumnya pendeta yang berada di gereja-gereja mandiri dan tidak mendapatkan tunjangan dari pihak gereja maupun induk organisasinya. 

"Yang mandiri ini seringkali memprihatinkan. Jemaat mereka sedikit, ketika pandemi, jemaat tidak bisa beribadah di gereja dan pendetanya praktis tidak mendapatkan income," ungkapnya. 

Baca juga: Gerkindo Bagikan 100 Ton Sembako ke Masyarakat Selama Pandemi

Lebih lanjut Yerry mengatakan, kegiatan bakti sosial (baksos) yang dilakukan pihaknya pun bertujuan untuk meringankan beban pemerintah. Pasalnya, kata Yerry, pemerintah tidak akan mampu mengatasi sendiri seluruh dampak yang ditimbulkan oleh pandemi.  

"Oleh karenanya, kita jangan hanya mengharapkan bantuan sosial dari pemerintah, pemerintah tidak akan mampu. Akan lebih kuat jika organisasi atau partai politik bersama-sama menanggulangi Covid-19. 

"Nah, kami dari Perindo khususnya Gerkindo, kami membagikan sembako. Kali ini kami membagikan untuk 30 keluarga pimpinan gereja dimana satu paket terisi 10 kg beras, 1 kg gula, dan 1 liter minyak goreng," katanya.  

Yerry menambahkan, sejak awal kegiatan baksos ini dimulai Maret 2020 silam, Gerkindo sudah membagikan sedikitnya 100 ton beras kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

"Selain Bandung, berbagai wilayah di Indonesia juga kita datangi. Secara bertahap sejak Maret 2020, kami telah membagikan 100 ton beras untuk membantu mereka yang terdampak Covid-19 secara ekonomi," katanya. 

Di tempat yang sama, Pendeta Hendricks Sine menuturkan, mewakili rekan-rekan pendeta dan rohaniawan di Kota Bandung, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan Gerkindo. 

"Kami sangat berterima kasih atas aksi sosial dari Gerkindo dan kami berharap Gerkindo tetap menjadi berkat bagi masyarakat, apalagi di masa pandemi ini banyak orang yang membutuhkan bantuan dan pertolongan," katanya. 

Menurutnya, Gerkindo sudah menjadi saluran berkat yang luar biasa bagi pendeta dan rohaniawan, khususnya di Kota Bandung dan umumnya di seluruh Indonesia. 

"Untuk wilayah Kota Bandung memang cukup banyak yang terdampak Corona. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak pertolongan medis maupun psikologis, termasuk bimbingan rohani dan bantuan sosial agar mereka kuat dalam menghadapi tantangan yang tidak mudah ini," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini