Klaim Berhasil Kuasai Panjshir, Taliban: Perang di Afghanistan Sudah Berakhir

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 06 September 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 18 2466902 klaim-berhasil-kuasai-panjshir-taliban-perang-di-afghanistan-sudah-berakhir-bgiogfZy5N.jpg Foto: Reuters.

KABUL - Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid pada Senin (6/9/2021) mengatakan bahwa perang di Afghanistan telah berakhir setelah mengklaim berhasil menguasai sepenuhnya Provinsi Panjshir, wilayah terakhir yang belum ditaklukkan kelompok itu. Mujahid mengatakan pengumuman tentang komposisi pemerintahan baru diharapkan dapat diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

"Tadi malam dan pagi ini, Panjshir benar-benar terkendali. Dengan demikian, perang di Afghanistan telah berakhir. Tidak ada lagi alasan untuk itu. Sudah waktunya untuk membangun kembali negara kita," kata Zabiullah Mujahid dalam konferensi pers sebagaimana dilansir Sputnik.

BACA JUGA: Pemimpin Pemberontak Afghanistan Siap Negosiasi dengan Taliban

Juru bicara Taliban meyakinkan bahwa tidak ada warga sipil yang terluka dalam bentrokan di Panjshir.

"Pemerintahan baru akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan," tambah Mujahid.

Sebelumnya pada Senin, Mujahid mengatakan bahwa Panjshir, yang terakhir dari 34 provinsi Afghanistan, telah sepenuhnya berada di bawah kendali Taliban. Pasukan perlawanan lokal, yang dipimpin oleh putra Ahmad Shah Massoud, kepala Aliansi Utara yang dibunuh oleh teroris, membantah klaim ini.

BACA JUGA: Taliban Rayakan Kemenangan, 17 Orang Tewas Akibat Tembakan ke Udara

Ini adalah pernyataan kedua yang dibuat oleh Taliban tentang berakhirnya perang di Afghanistan. Pertama kali mereka melakukannya pada 16 Agustus, sehari setelah penangkapan Kabul.

Pada malam 31 Agustus, militer Amerika Serikat (AS) meninggalkan bandara Kabul, mengakhiri kehadiran militer Amerika yang hampir 20 tahun di negara itu. Pada pertengahan Agustus, Taliban memasuki Kabul, yang menyebabkan runtuhnya pemerintah yang didukung Barat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini