Kasus Cungkil Mata Anak, Polisi Periksa 9 Saksi Termasuk Dukun

Bugma, iNews · Selasa 07 September 2021 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 340 2467675 kasus-cungkil-mata-anak-polisi-periksa-9-saksi-termasuk-dukun-XOrKM5OjE8.jpg Kapolsek Tinggi Moncong Iptu Hasan Fadhly. (iNews/Bugma)

GOWA – Polres Gowa terus mengusut kasus penganiayaan terhadap anak yang matanya dicungkil untuk pesugihan orangtuanya. Hingga saat ini, polisi telah memeriksa 9 orang saksi, termasuk salah satu warga yang diduga dukun.

Diketahui, AP (6) menjadi korban kekerasan orangtuanya. Ia diduga dijadikan tumbal praktik pesugihan dan ilmu hitam orangtuanya di Kecamatan Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Saksi mata proses ritual pesugihan, Muis, mengaku pernah melihat langsung ritual pengobatan tersebut. Ritual dilakukan dengan meminum air kelapa dalam keadaan tidak sadarkan diri.

“Pernah. Memang dia sering mnum air kelapa, tapi dalam keadaan tak sadar. Mama dan bapaknya korban (juga minum air kelapa-red), ucapnya, Selasa (7/9/2021).

Sementara itu, Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadhly menjelaskan, dalam kasus ini pihaknya menyita sekira 100 batok kelapa sebagai barang bukti.

“Kita dapatkan beberapa batok kelapa yang sudah dipapas di bagian atas. Ada 100 yang mana semuanya ditutupi dedaunan,” ujar Kapolsek.

Ia mengatakan, kelapa itu digunakan untuk proses pengobatan. “Kelapa tersebut digunakan saat proses pengobatan dengan cara tidak sadar,” ucapnya.

Pihaknya pun sudah memeriksa salah seorang yang diduga dukun di kampung tersebut untuk dimintai keterangannya.

Baca Juga : 2 Pelaku Pesugihan Cungkil Mata Bocah 6 Tahun Ditetapkan Tersangka

“Kita bawa ke sini, dianggap dukun maupun tenaga kesehatan paranormal di kampung itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, sejumlah warga pernah berobat ke dukun tersebut. Saat pengobatan itu mereka tidak sadarkan diri. “Beberapa pernah melakukan pengobatan di sana didapati tidak sadar diri lupa ingatan. Rata-rata pernah melakukan pengobatan,” tuturnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Mengatas Tambunan menyebutkan, sejauh ini sudah 9 orang diperiksa terkait kasus pencungkilan mata anak 6 tahun.

“Kita merilis 5 saksi yang telah kita ambil keterangan. Ada lagi penambahan jadi jumlah total ada 9 orang,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini