Terlibat Kecelakaan di Bali, Pengungsi Suriah Pilih Pulang Kampung

Mohamad Chusna, Sindonews · Kamis 16 September 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 244 2472334 terlibat-kecelakaan-di-bali-pengungsi-suriah-pilih-pulang-kampung-rq1lfMq26P.jpg Pengungsi Suriah saat dideportasi (foto: ist)

DENPASAR - Imigrasi Bali memulangkan seorang pengungsi asal Suriah, Louay Shoukair. Shoukair pilih pulang ke negara asalnya setelah terlibat kecelakaan di Bali.

"Yang bersangkutan ingin mendapatkan perawatan lebih intensif melalui dukungan keluarganya di Suriah dan Libanon," kata Kepala Kantor Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, Kamis (16/9/2021).

Baca juga:  Kemenkumham Beberkan Kronologi Cekcok Petugas Imigrasi dengan Diplomat Nigeria

Shoukair sudah lima tahun berada di Indonesia tanpa kejelasan penempatan ke negara ketiga. Ketika di Bali, dia mengalami kecelakaan hingga mengalami dislokasi pada tulang leher, bahu dan tangannya.

Pada 9 Juni 2021, dia melapor ke imigrasi sebagai pengungsi mandiri dan ingin pulang ke negaranya. Permohonan itu lalu disetujui imigrasi dan UNHCR.

Baca juga:  Imigrasi: 20 TKA Masuk Indonesia Sebelum PPKM Darurat!

Shoukair dipulangkan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Doha dengan pesawat Qatar Airways QR 957. Dari Doha, dia melanjutkan perjalanan ke Beirut dengan Qatar Airways QR 416.

"Dia lalu menempuh jalur darat dari Beirut ke Suriah," ujar Jamaruli.

Dia menambahkan, hingga Agustus 2021, tercatat ada 13.343 pengungsi dan pencari suaka di Indonesia. "Dari jumlah itu, tercatat sekitar 5.000 an pengungsi dan pencari suaka mandiri yang biaya hidupnya tidak ditanggung IOM," katanya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini