Kecanduan Game Online, Pencuri Ini Kerap Incar Bocah yang Main HP

Adi Haryanto, Koran SI · Sabtu 18 September 2021 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 340 2473350 kecanduan-game-online-pencuri-ini-kerap-incar-bocah-yang-main-hp-sShLGYi66l.jpg Pencuri HP bocah ditangkap polisi (Foto: Adi Haryanto)

PANGKALPINANG - Muhammad Prianda Gunafi alias Rian (25) warga Kelurahan Asam, Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang ditangkap polisi karena nekat mencuri handphone (HP) yang dimainkan anak-anak. Hasil penjualan HP tersebut, digunakan pelaku bermain untuk game online di warnet.

Rian ditangkap Tim Buser Naga Polres Pangkalpinang, di emperan toko di Pangkalpinang tanpa perlawanan, pada Jumat 17 September sore kemarin. Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, membenarkan penangkapan tersebut dan memimpin para anggotanya dalam pengungkapan kasus tersebut.

"Tim Naga Sat Reskrim Polres Pangkalpinang mempersembahkan dengan menangkap pelaku residivis pencurian dan penggelapan di tujuh TKP yang sudah meresahkan masyarakat Kota Pangkalpinang," kata Adi Putra, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga:  ATM Bank Jateng Dibobol Pencuri, Uang Ratusan Juta Rupiah Raib

Di hadapan polisi, Rian mengakuinya semua perbuatannya telah mencuri di tujuh TKP di Pangkalpinang.

"Saya mengincar HP yang sedang dimainkan anak kecil. Modusnya, dengan pura-pura menawarkan diamond untuk top up game online. Untuk meyakinkan korban saya berpura-pura menunjuk rumah saya lalu saya pinjam HP tersebut dan langsung dibawa lari," kata Rian.

Usai mendapat HP dengan cara mencurinya itu, pelaku lalu menawarkannya di group media sosial untuk diperjualbelikan. "Setelah dapat itu saya jual di Forum Jual Beli di Facebook denagn sistem COD atau bayar di tempat," ujar Rian.

Uang hasil penjualan, kata dia digunakan untuk berbagai keperluan. Namun, dirinya mengakui kebutuhan utamanya yakni bermain game online di warnet. Sebab, Rian yang baru saja empat bulan lalu keluar penjara itu, biasa menghabiskan uang Rp300.000,- hingga Rp500.000,- untuk bermain game online.

"Yang penting bisa maen game. Selain itu, uang hasil jual barang curian digunakan untuk membayar jasa laundry dan lainnya," ucapnya.

Baca Juga:  Remaja Curi Motor di Bekasi Terekam CCTV, Rusak Gembok Pakai Cairan Kimia

Selain HP, pelaku diketahui juga mencuri laptop satu unit laptop di sebuah konter. Saat ini, polisi masih mendalami kasus tersebut dan berupaya mengamankan barang bukti lainnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini