Gagalkan Penyelundupan 97 Kg Sabu ke Jawa, Polda Lampung Tangkap 2 Kurir

Andres Afandi, iNews · Kamis 23 September 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 340 2475635 gagalkan-penyelundupan-97-kg-sabu-ke-jawa-polda-lampung-tangkap-2-kurir-boEVqaFUOJ.jpg Polda Lampung menggagalkan penyelundupan 97 kg sabu dan menangkap 2 kurir narkoba. (iNews/Andres Afandi)

LAMPUNG – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Lampung menggagalkan penyelundupan 97,6 kg sabu. Dalam kasus ini, dua tersangka berhasil ditangkap.

Kedua tersangka adalah MN (27) dan MR (24), warga Pasuruan, Jawa Timur. Tersangka terlibat peredaran narkoba lintas provinsi. Mereka berperan sebagai kurir narkoba yang akan mengantarkan barang tersebut ke Pulau Jawa.

Menurut polisi, pengungkapan kasus peredaran narkoba dengan barang bukti hampir mencapai satu kuintal ini bermula saat petugas menerima informasi adanya dua kardus mencurigakan di sebuah loket jasa biro perjalanan di kawasan Rajabasa Bandar Lampung.

Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung, Kombes Adhi Purboyo, pada Rabu (22/9/2021) menjelaskan, petugas yang datang ke lokasi jasa biro perjalanan langsung mengecek dua kardus yang mencurigakan tersebut. Saat diperiksa kardus tersebut berisi 92 paket kemasan teh Cina, yang di dalamnya sabu. Total sabu di dua kardus itu mencapai 97,6 kg.

Dalam pengembangan kasus ini, petugas menangkap dua tersangka yang hendak mengambil barang bukti di jasa biro perjalanan tersebut. Bahkan, saat diinterogasi, kedua tersangka mengaku mendapat perintah dari seorang narapidana di Lapas Kelas 1 A Jawa Timur berinisial MS untuk mengantarkan barang haram yang berasal dari Medan dan akan diedarkan di Pulau Jawa dengan upah pengiriman sebesar Rp200 juta.

Baca Juga : Polda Jateng Ungkap Peredaran Sabu di Sejumlah Tempat, 5 Pengedar Ditangkap

Adhi menjelaskan, selain menangkap kedua tersangka, pihaknya menyita barang bukti sabu 97,6 kilogram, uang Rp200 juta, serta dua ponsel milik tersangka. Petugas masih akan terus melakukan pengembangan terkait kasus peredaran narkoba jaringan lintas provinsi tersebut.

Atas perbuatannya itu, kedua tersangka kurir narkoba ini kini mendekam di ruang tahanan Mapolda Lampung. Keduanya dijerat Pasal 112 dan 114 UU tentang Narkotika serta terancam hukuman minimal 10 tahun kurungan penjara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini