Yuk, Kenali Klaster PON XX Papua dan Spot Wisatanya

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Kamis 30 September 2021 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 1 2479376 yuk-kenali-klaster-pon-xx-papua-dan-spot-wisatanya-ovX4IkAoTu.jpg Foto: Dok Instagram lestarindo_soccerfield

Raja Ampat yang ada #DiIndonesiaAja selama ini sudah dikenal sebagai destinasi wisata bahari unggulan di Papua Barat. Keindahan alamnya mampu menarik wisatawan domestik hingga mancanegara. Nah, bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak informasi seputar destinasi wisata menarik di Papua atau destinasi lainnya #DiIndonesiaAja, yuk follow akun Instagram @pesonaid_travel!

Demi kesehatan dan kenyamanan bersama, jika ingin berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk lakukan vaksinasi Covid-19 terlebih dahulu. Selain itu, ketika berkunjung nanti penting untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan 6M, ya! Karena keselamatan kita bersama adalah prioritas utama.

Tidak hanya Raja Ampat saja yang tersohor, tahun ini Bumi Cenderawasih menyedot perhatian publik dengan menjadi tuan rumah ajang pertandingan olahraga empat tahunan di Indonesia, yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar 2-15 Oktober 2021.

PON XX Papua, dilaksanakan di empat klaster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Pertandingan Olahraga pada ajang ini, nantinya akan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang diikuti sekitar 10.000 atlet serta ofisial dari 34 provinsi. Mari mengenai lebih lanjut empat klaster PON XX Papua berikut spot wisatanya:

1. Kota Jayapura

Pantai Base G. Foto@kesyanaa29

Secara geografis, Kota Jayapura terletak di wilayah paling timur Indonesia dan berlokasi di Teluk Jayapura. Kota Jayapura memiliki luas 940 km2 dan terdiri dari 5 kecamatan. Khusus untuk Kota Jayapura, setidaknya ada 16 lokasi yang dijadikan venue perhelatan PON XX.

Kota Jayapura menghadirkan berbagai macam objek wisata yang hits dan instagramable. Tempat wisata di Ibu Kota Papua ini sangat cocok masuk dalam daftar destinasi yang bisa dikunjungi para atlet maupun tamu PON XX.

Di Kota Jayapura, Pantai Base G yang terletak di Kelurahan Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, bisa menjadi pilihan wisata saat berlibur ke kota ini. Tempat wisata yang dikenal dengan pasir putih ini sangat mudah dijangkau dari pusat Kota Jayapura. Pantai ini terletak tak jauh dari Stadion Mandala yang akan digunakan untuk event PON XX.

Produk khas Papua jangan sampai ketinggalan untuk dijadikan suvenir, seperti alat musik tifa. Anda bisa mendapatkan alat musik ini secara daring melalui @galery_jual_musik.

BACA JUGA : Ladies, Ini Alasan Scarf Bisa Jadi Plihan Terbaik di Segala Suasana

2. Kabupaten Jayapura

Danau Sentani (Foto. Instagram @teguhbudiono)

Kabupaten Jayapura masuk dalam daftar tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Sama seperti di wilayah kotanya, Kabupaten Jayapura juga akan menggelar 22 cabang olahraga (cabor).

Di sini, Anda bisa menikmati keindahan Danau Sentani. Padang sabana hijau yang ada di sekeliling Danau Sentani menjadi salah satu panorama yang membuat mata dan pikiran kembali segar. Senja di Danau Sentani bahkan tak kalah cantik dari senja di Pantai Lombok atau Bali. Jadi, sesekali cobalah untuk mampir ke Danau Sentani saat sore hari, ya!

Jika berkunjung ke Papua, tidak hanya tifa yang bisa dijadikan oleh-oleh, Anda juga bisa mendapatkan produk lokal khas Papua seperti batik Papua dengan #BeliKreatifLokal. Misalnya dengan pesan daring di @batik_papuanusantara.

3. Kabupaten Mimika

Hutan Mangrove Pomako. (Foto blue-forests.org)

Kabupaten Mimika menjadi salah satu klaster dari empat tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ada 12 cabang olahraga (cabor) yang akan bertanding di kabupaten ini.

Kabupaten Mimika tentunya juga memiliki destinasi wisata, salah satunya Hutan Mangrove Pomako di Kecamatan Mimika Timur, yang bisa dikunjungi wisatawan dan seluruh kontingen PON XX. Di tempat ini, selain bisa menikmati semilir sejuk hutan mangrove, pengunjung juga disuguhkan meriahnya kicauan burung-burung asli Papua.

Tidak hanya burung-burung khas Papua saja yang menarik, produk lokal tas tradisional Papua yang dikenal dengan sebutan noken, juga tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Produk satu ini keren dan bernilai seni tinggi , lho! Biasanya dibawa dengan cara digantungkan di bagian kepala. Tas ini berbahan serat kulit kayu dan digunakan untuk membawa barang kebutuhan sehari-hari masyarakat Papua. Tidak hanya #BeliKreatifLokal secara langsung, Anda juga bisa membelinya secara daring di @tasnokenpapua.

4. Kabupaten Merauke

Pantai Payum (Foto. Instagram @chrisjhonfry)

Pada PON XX Papua 2021 di klaster Kabupaten Merauke akan dipertandingkan tujuh cabang olahraga. Di sini, Anda bisa menemukan keindahan pantai hingga kepulauan yang memesona. Pantai Payum menjadi salah satu daya tarik wisata dengan hamparan pasirnya yang berwarna cokelat serta lembut ketika dipegang.

Selain itu, pantai ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan tempat berlibur dengan suasana tenang dan asri. Waktu paling tepat ke pantai ini adalah sore menjelang malam. Cahaya senjanya membuat hati jadi lebih tenang. Menikmati kopi khas Papua di pinggir pantai saat berwisata di Pantai Payum juga tak kalah seru, lho! Anda juga bisa beli kopi khas Papua secara daring melalui @kopihonaipapua.

Itulah klaster PON XX Papua dan spot wisatanya. Anda bisa membuat wish list tujuan wisata Anda ke Papua sambil mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan, ya!

Anda juga tetap harus disiplin protokol kesehatan saat berlibur nanti untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 serta sebagai bentuk upaya percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyatakan bahwa perhelatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX 2021 di Papua diharapkan mampu memberdayakan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan warga lokal. Ia mengajak segenap atlet, ofisial, dan sejumlah tamu yang hadir di gelaran PON XX Papua untuk membeli produk lokal khas Bumi Cenderawasih.

"Ini ada empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Kami harapkan opening dan closing PON XX berlangsung lancar. Mari bersatu sukseskan PON Papua. Jangan lupa beli produk kreatif asli Papua. Ada noken, kerajinan tangan, suvenir atau oleh-oleh PON 2021," tutur Sandiaga.

Menparekraf mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, berinovasi, dan disiplin mengimplementasikan aspek #InDOnesiaCARE pada sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19 ini.

Sambil mempersiapkan wish list liburan ke Papua, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru.

Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya! Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik, lho! Yuk, buruan ikutan!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini