Presiden Brasil 'Bosan' Ditanya Tentang Kematian Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 12 Oktober 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 18 2485077 presiden-brasil-bosan-ditanya-tentang-kematian-covid-19-5n3DPpGpXs.jpg Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: Reuters)

BRASILIA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada Senin (11/10/2021) mengatakan bahwa dia tidak ingin dibuat "bosan" dengan pertanyaan tentang kematian Covid-19 di negara itu, yang telah mencatat titik penting. Brasil beberapa hari lalu mencatat 600.000 kematian Covid-19, yang tertinggi di antara negara-negara Amerika Latin.

Tingkat kepuasan terhadap Bolsonaro turun dalam jajak pendapat karena penanganannya terhadap pandemi, meningkatnya inflasi, dan ekonomi yang lemah. Brasil memiliki angka kematian Covid-19 tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS), dan Bolsonaro telah lama berusaha meminimalkan dampak virus, menggembar-gemborkan obat yang belum terbukti dan menentang penguncian.

BACA JUGA: Presiden Brasil Klaim Terancam Dibunuh Jika Tak Menangi Pilpres 2022

Pada Senin, Bolsonaro dikelilingi oleh para pendukungnya di pantai di Guaruja, di Negara Bagian Sao Paulo, ketika seorang jurnalis bertanya kepadanya tentang jumlah korban tewas di negara itu.

"Di negara mana orang tidak mati? Katakan padaku!" dia menjawab sebagaimana dilansir Reuters. "Dengar, aku datang ke sini bukan untuk bosan."

BACA JUGA: Tidak Divaksin Covid-19, Presiden Brasil Tak Boleh Nonton Pertandingan Sepakbola di Stadion

Saat ini, 601.011 orang telah meninggal karena COVID-19 di Brasil, dengan total lebih dari 21,5 juta kasus.

Sementara itu, komite Senat Brasil yang pada April meluncurkan penyelidikan terhadap kebijakan pandemi Bolsonaro diperkirakan akan merilis laporan akhir dalam beberapa minggu mendatang. Laporan itu bisa menambah tekanan pada presiden menjelang pemilihan yang dijadwalkan tahun depan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini