Seminggu Dirawat di ICU, Presiden Ceko Dinyatakan Tidak Bisa Menjalankan Tugas

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 18 2488472 seminggu-dirawat-di-icu-presiden-ceko-dinyatakan-tidak-bisa-menjalankan-tugas-DWfwZIpB3l.jpg Presiden Republik Ceko Milos Zeman. (Foto: Reuters)

PRAHA - Ketua majelis tinggi Republik Ceko mengatakan bahwa Presiden Milos Zeman tidak dapat menjalankan tugasnya, setelah menghabiskan seminggu dalam perawatan intensif dan kemungkinan tidak dapat kembali bertugas dalam beberapa minggu mendatang.

Berbicara pada Senin (18/10/2021), ketua Senat Milos Vystrcil mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah diberitahu oleh petugas medis bahwa hanya ada kemungkinan kecil Zeman akan kembali bekerja dalam beberapa minggu mendatang.

BACA JUGA: Presiden Ceko Dilarikan ke Rumah Sakit Dirawat di ICU Setelah Bertemu PM

Vystrcil mengutip laporan dari rumah sakit tempat Zeman dirawat, yang dirawat intensif seminggu yang lalu. Vystrcil mengatakan bahwa Zeman tidak dapat menjalankan tugasnya dan pemerintah perlu mengalihkan tanggung jawab presiden kepada pejabat publik lainnya.

Zeman dilarikan ke rumah sakit delapan hari lalu, tak lama setelah mengadakan pembicaraan dengan perdana menteri yang akan turun jabatan, Andrej Babis. Direktur rumah sakit mengatakan bahwa dia dirawat di perawatan intensif karena komplikasi yang terkait dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya.

BACA JUGA: Buntut Pandora Papers, Polisi Buka Penyelidikan Terhadap PM Ceko

Pada September, Zeman juga telah dilarikan ke rumah sakit dan dirawat selama delapan hari. Ia diketahui memiliki berbagai kondisi kesehatan, termasuk diabetes, dan merupakan perokok berat dan peminum. Selama kunjungan ke pabrik rokok pada 2013, ia mengumumkan bahwa aman bagi orang untuk mulai merokok di masa tua.

Pria berusia 77 tahun, yang telah menjadi kepala negara sejak 2013, mulai menggunakan kursi roda awal tahun ini karena neuropati di kakinya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini