4 Rumah Terdampak Tebing Longsor, 18 Warga Bandung Barat Mengungsi

Adi Haryanto, Koran SI · Rabu 20 Oktober 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 525 2489135 4-rumah-terdampak-tebing-longsor-18-warga-bandung-barat-mengungsi-Lx6VcJnjFA.jpg Rumah di Bandung Barat terdampak longsor. (Ist)

BANDUNG BARAT - Dua rumah di Kampung Cikole RT 05/06, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, rusak tertimpa material tanah longsor dari sebuah tebing. Tidak hanya itu, tebing setinggi 10 meter dan kemiringan 80 derajat tersebut juga mengancam 2 rumah lainnya di lokasi tersebut.

Berdasarkan data dari BPBD setempat, rumah warga yang rusak adalah milik Wati (60) terdiri dari 5 jiwa, Iis (37) ada 4 jiwa. Sementara yang terancam rumah milik Undang (64) terdiri 6 jiwa, dan Agus Muhidin (60) ada 3 jiwa. Demi keamanan mereka untuk sementara waktu mengungsi ke tempat aman.

"Longsor itu terjadi pada Selasa (19/10/2021) petang saat hujan deras terjadi. Untuk rumah yang rusak tertimpa tanah di bagian depannya, tidak semua bangunan rumah. Tapi karena membahayakan para penghuninya diungsikan sementara," terang Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo, Rabu (20/10/2021).

Duddy menerangkan, curah hujan pada saat itu sangat deras sehingga membuat tebing di kawasan yang dekat permukiman itu mengalami longsor. Pihaknya telah datang ke lokasi dan melakukan assesmen termasuk membersihkan material longsoran dibantu oleh warga dan aparat setempat.

Pihaknya meminta ke warga yang rumahnya rusak dan terancam untuk mengungsi sementara ke rumah kerabatnya yang aman. Hal ini dikhawatirkan terjadi longsor susulan mengingat hujan selalu turun tiap hari dengan intensitas yang tinggi. Sebagai antisipasi, pihaknya membuat penahan sementara dari karung yang berisi tanah.

Baca Juga : Tebing Ambruk, 5 Rumah Terancam Tergerus Longsor Susulan

"Sebanyak 500 karung untuk diisi tanah sudah dikirimkan ke lokasi termasuk bantuan logistik bagi 18 jiwa yang mengungsi sementara," sebutnya.

Sementara salah seorang yang rumahnya tertimpa material tanah, Iis menyebutkan longsor mulai terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu dirinya sedang berada di dalam rumah beseta anaknya karena kondisi sedang hujan deras. Dirinya kaget karena sempat mendengar suara gemuruh, dan saat melihat keluar rumah banyak material tanah di depan rumahnya.

"Saya lagi di dalam rumah, kaget saat longsor terjadi, lalu bersama anak menyelamatkan diri lewat pintu samping ke rumah tetangga yang kondisinya aman," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini