Share

Dua Tahun Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Ini Keuntungan untuk UMKM Kuliner

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Senin 25 Oktober 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 1 2491404 dua-tahun-komunitas-partner-gofood-kompag-ini-keuntungan-untuk-umkm-kuliner-3yvNu5M6bW.jpg Infografik 2 Tahun Semarak Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)

Jakarta-Berkomitmen dukung pertumbuhan bisnis UMKM kuliner, GoFood kembangkan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dalam dua tahun terakhir. Pionir wadah komunitas UMKM kuliner terbesar di industri pesan-antar makanan ini kini diikuti oleh lebih dari 107 ribu UMKM dari 70 kota di Indonesia.

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, walaupun sudah berhasil pivot ke platform online, UMKM kuliner masih menghadapi tantangan dalam memastikan keberlanjutan bisnis.

 BACA JUGA : Ajak Pelanggan Pesan dari UMKM, Food Vlogger Mgdalenaf bagikan Trik Jelajah Kuliner Seru di GoFood

“Kami mempelajari bahwa dukungan edukasi dan pengembangan kapasitas melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) penting dilakukan agar UMKM dapat meningkatkan keterampilan dan mampu bersaing di tengah kompetisi bisnis kuliner yang semakin ketat,”tuturnya.

Dia menambahkan di GoFood dan KOMPAG, kita coba buat banyak inovasi berbasis data dan pembelajaran mitra. Contoh, kalau merchant baru masuk GoFood, fotonya harus menarik karena orang gak bisa pegang dan lihat makanannya. Mereka cuma lihat foto. Selain itu, masih banyak yg menulis deskripsi ‘ayam’ untuk menu ayam goreng tanpa penjelasan lebih lengkap mengenai bumbu atau teknik pengolahan. Ini yang selalu kita bagikan di KOMPAG, menu harus menarik lewat visual dan deskripsi yang menggugah selera.

Melihat kebutuhan tersebut, KOMPAG akan hadir dengan dua pembaruan pada tahun 2022. Pertama Mentorship & Pelatihan Tersegmentasi, dimana anggota KOMPAG yang dibagi berdasarkan kategori keaktifan bisa mengikuti sesi workshop rutin mingguan di Live NGOPI (Ngobrol Pintar) Workshop bersama Mentor GoFood dan mendapatkan program mentorship eksklusif.

Kedua, KOMPAG terus konsisten mendukung Peningkatan Skala Bisnis UMKM GoFood. Selain mengikuti pelatihan yang dipandu oleh mentor, para mitra UMKM kuliner juga bisa mendapatkan tips sukses mengelola bisnis secara mandiri lewat aplikasi GoBiz dan mengakses menu ‘BizTips’.

Selain mendukung keterampilan mitra UMKM, GoFood akan terus melakukan pengembangan model bisnis, dimana GoFood akan terus hadir dengan dukungan yang lebih holistik.

“Dengan sistem kemitraan, tentu ada yang namanya komisi dari penjualan. Tapi, itu untuk (usaha) mereka berkembang. Kita tawarkan paket promosi dengan skema tertentu. Misalnya, GoFood memberikan co-subsidy untuk jumlah total belanja tertentu. Tambahannya, ada advertisement package di GoFood atau di media sosial untuk tambahan eksposur. Skema ini kita buat berdasarkan pembelajaran GoFood dan bisa dipilih merchant sesuai kemampuan,” ucapnya.

Catherine juga mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa mengharapkan mitra bisa tumbuh saat mereka masih harus memikirkan printilan bisnis seperti ini. Disinilah peran GoFood sebagai mitra pertumbuhan UMKM dapat dioptimalkan.

Berkat dukungan holistik yang diberikan, GoFood melihat tanjakan pertumbuhan transaksi mingguan hingga bulanan, dimana rata-rata pendapatan bulanan mitra UMKM kuliner yang bergabung di masa pandemi hingga kini (Q2 2020 - Q3 2021) meningkat hingga tujuh kali lipat.

“Kita tidak bisa pungkiri, saat pandemi terjadi banyak orang dirumahkan dan membuka usaha bisnis makanan rumahan menjadi salah satu solusi yg banyak dilihat sebagai potensi. Selama pandemi ini kita ketambahan 250.000 partner baru di GoFood. Saat ini, sudah hampir sekitar 1 juta partner GoFood, dimana 99% adalah UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Nia Niscaya menyampaikan, pihaknya melihat keseriusan GoFood menggarap sektor ini, sehingga percaya inovasi yang dihadirkan akan mampu menciptakan lebih banyak lapangan kerja di industri ekonomi kreatif, dimana bidang usaha kuliner menjadi pemain terbesar di dalamnya.

“Kami sangat berharap dukungan KOMPAG dapat terus diperluas dan menjadi sebuah wadah positif untuk menyediakan berbagai kebutuhan dan informasi positif bagi pelaku usaha, salah satunya protokol kesehatan CHSE, sehingga dapat terus bermanfaat bagi pelaku usaha kuliner se-Indonesia,” ujar Nia.

KOMPAG terbuka luas bagi seluruh mitra usaha GoFood. Untuk bergabung, mitra bisa mengisi form registrasi di Facebook Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/KOMPAGFB.

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini