Share

Food Estate Kalimantan Tengah untuk Ketahanan Pangan Nasional

Agustina Wulandari , Okezone · Senin 25 Oktober 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 1 2491422 food-estate-kalimantan-tengah-untuk-ketahanan-pangan-nasional-ecxFLNzOEv.jpg Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (Foto: Dok.Pemprov Kalteng)

PALANGKA RAYA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menetapkan Provinsi Kalimantan Tengah untuk melaksanakan program pengembangan food estate sebagai daerah yang diharapkan menjadi lumbung pangan nasional. Kawasan lokasi lumbung pangan tersebut berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Food estate menjadi salah satu program strategis nasional pada 2020 hingga 2024.

Baca Juga: 20 Hektare Lahan Food Estate Kalteng Siap Disetrum

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran sangat optimis program food estate ini berhasil. Program ini dinilai akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena program ini memiliki multiplier effect, dari penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan petani, pertumbuhan sektor lainnya, yang pada akhirnya pada peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

“Food estate merupakan program strategis nasional yang akan membawa dampak manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Kalimantan Tengah, yang terpenting adalah masyarakat setempat harus memiliki andil dan menjadi bagian dari pembangunan food estate itu sendiri,” ucap Sugianto di ruang kerjanya, Jum’at (22/10/2021).

Untuk optimalisasi pembangunan dan pengembangan kawasan food estate, yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan infrastruktur jalan dan jembatan. Sugianto Sabran bergerak cepat mempersiapkan infrastruktur penunjang kawasan food estate. Infrastruktur penunjang bertujuan untuk terwujudnya sistem jaringan jalan yang andal, terpadu, dan berkelanjutan pada kawasan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pembangunan serta peningkatan infrastruktur tersebut diharapkan manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para pekerja di kawasan food estate tetapi juga bermanfaat bagi seluruh masyarakat untuk beraktivitas dan memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Mencermati peluang yang ada, Sugianto Sabran tidak ragu untuk menyukseskan kebijakan strategis nasional ini. Ia menyadari ketahanan pangan kini sudah menjadi bagian ketahanan nasional, terlepas untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan akibat dampak dari pandemi Covid-19. Kalimantan Tengah tanah berkah, siap melahirkan masa depan masyarakat yang sejahtera.

“Dampak pandemi Covid-19 dan juga menghadapi kemarau panjang sangat memungkinkan terjadinya krisis pangan, maka program food estate ini sangat strategis dan harus sukses. Apalagi ini merupakan program strategis nasional, wajib bagi semua stakeholders untuk bersama-sama mewujudkan food estate sebagai lumbung pangan untuk ketahanan nasional,” pungkas Sugianto.

CM

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini