BPIP Hadir ke Pelosok Aceh Barat Membumikan Nilai-nilai Pancasila pada Gampong Muslimin

Agustina Wulandari , Okezone · Senin 25 Oktober 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 1 2491613 bpip-hadir-ke-pelosok-aceh-barat-membumikan-nilai-nilai-pancasila-pada-gampong-muslimin-TsRyofWDBq.jpeg BPIP membumikan nilai-nilai Pancasila pada Gampong Muslimin Aceh Barat. (Foto: Dok.BPIP)

ACEH BARAT - BPIP yang diwakili Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama Elfrida Herawati Siregar turut hadir bersama Bupati Aceh Barat H. Ramli MS ke Gampong Gaseu dalam rangka penguatan nilai-nilai Pancasila pada Gampong Muslimin Aceh Barat di Kecamatan Sungai Mas.

Bupati Ramli menegaskan bahwa kehadiran BPIP ke Gampong ini merupakan cerminan kecintaan terhadap rakyat sehingga rakyat merasa diperhatikan dan dilibatkan dalam pembinaan ideologi Pancasila.

Baca Juga: Rawat Pancasila, Para Walikota Sasar Anak Muda

Kegiatan tersebut dihadiri para Forkompimda Aceh Barat, Dandim, Kapolres, para ulama, para santri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda se-Kecamatan Sungai Mas dan perwakilan Pemerintah Aceh.

Penguatan ideologi Pancasila di Gampong Muslimin merupakan tindak lanjut kerja sama antara BPIP dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam bentuk Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada30 Agustus 2021.

Pada kesempatan yang sama, Elfrida Herawati Siregar menyampaikan pesan-pesan pembinaan ideologi Pancasila di Gampong dengan mengedepankan contoh kearifan lokal yang ada di masyarakat Gampong Aceh Barat, terutama karakter keramahtamahan.

“Pancasila digali dari Bumi Nusantara dengan bentuk kearifan lokal yang hadir dari setiap suku bangsa, adat istiadat, dan agama, seperti dalam ajaran setiap agama mengajarkan perdamaian,” ujarnya.

“Nilai Pancasila tentang berketuhanan salah satunya menghargai ada perbedaan agama, Pancasila tentang memanusiakan manusia, Pancasila tentang mencintai bangsa Indonesia, Pancasila yang menghargai demokrasi, Pancasila tentang berdiri bersama dan keadilan bagi semua,” tuturnya.

Sebagai penutup kegiatan, dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Badan Kesbangpol Aceh Barat dengan Kedeputian Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan dengan ruang lingkup pembinaan nilai-nilai Pancasila melalui kearifan lokal di Kabupaten Aceh Barat.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini