Minggu Besok, Jepang Akan Gelar Pemilu

Agregasi VOA, · Jum'at 29 Oktober 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 18 2493633 minggu-besok-jepang-akan-gelar-pemilu-Uw16N5qM4h.jpg Pemilu Jepang akan digelar Minggu besok (Foto: AP via VOA)

JEPANG – Pemilihan umum (pemilu)  di Jepang akan diselenggarakan pada Minggu (31/10). Masa jabatan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida diperkirakan berumur pendek, sementara Partai Demokrat Liberal-nya (LDP) bisa kehilangan suara mayoritas. Demikian hasil jajak pendapat baru-baru ini oleh surat kabar Yomiuri Shimbun dan Asahi Shimbun.

Seperti dilaporkan kantor berita Reuters, meski diproyeksikan kehilangan suara di majelis rendah parlemen, partai itu kemungkinan besar tetap berkuasa bersama mitranya dalam koalisi Komeito.

Kishida dilaporkan menetapkan target koalisi untuk memperoleh mayoritas 233 kursi majelis rendah dari total 465 kursi – jauh di bawah 276 kursi yang diduduki LDP sebelum pemilu diadakan.

Jika gagal, Kishida terancam digulingkan LDP sebelum pemungutan suara majelis tinggi tahun depan.

Baca juga: Bursa PM Jepang, Ada Dua Perempuan Ikut Bersaing

Kishida menjabat sebagai perdana menteri Jepang sejak 4 Oktober lalu, setelah parlemen memilihnya, menyusul pemilihan ketua LDP putaran kedua pada 29 September.

Pemilu hari Minggu nanti menjadi pemilu Jepang yang paling tidak pasti sejak LDP kembali berkuasa di bawah kepimpinan Shinzo Abe pada 2012 – kemenangan yang menjadi awal dari kepemimpinan terlama seorang perdana menteri dalam sejarah Jepang dan mengakhiri kebuntuan kebijakan selama bertahun-tahun yang disebabkan oleh pendeknya masa kepemimpinan para perdana menteri sebelumnya.

Baca juga: PM Kishida Janji Bawa Jepang Keluar dari Krisis Covid-19

Abe mengundurkan diri tahun lalu setelah jatuh sakit dan digantikan oleh Yoshihide Suga, yang mengundurkan diri pada September karena penilaian buruk terhadap penanganan pandemi virus corona yang dilakukan pemerintahannya.

Sekitar 40% pemilih Jepang dilaporkan masih ragu-ragu. Ditambah rendahnya perkiraan jumlah pemilih yang akan berpartisipasi dalam pemilu – salah satu yang terendah pascaperang, hasil pemilu kali ini belum bisa ditebak.

Jika terpilih, Reuters melaporkan, Kishida diperkirakan akan mendorong pembukaan kembali pembangkit listrik tenaga nuklir negara itu yang ditutup setelah bencana Fukushima.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini