Di Tengah Gelombang Covid-19, China Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

Antara, · Sabtu 06 November 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 18 2497737 di-tengah-gelombang-covid-19-china-keluarkan-peringatan-dini-cuaca-ekstrem-EFrAPImHuf.jpg Hujan salju di China (Foto : Antara)

BEIJING - Badan Meteorologi China (CMA) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan dengan meminta masyarakat untuk melakukan berbagai persiapan.

Peringatan dini tersebut muncul saat otoritas setempat sedang berupaya mengendalikan gelombang terbaru kasus Covid-19, yang kini telah merambah 19 provinsi.

Mayoritas wilayah China akan mengalami penurunan suhu udara 2-4 derajat Celcius dibandingkan dengan musim dingin biasa, bahkan beberapa wilayah akan memecahkan rekor suhu terendah, kataCMA dikutip media China, Sabtu.

Dua gelombang dingin akan terjadi di beberapa wilayah dengan suhu terendah 8-10 derajat Celcius dan maksimal 16 derajat Celcius.

Hujan salju akan terjadi di wilayah utara, sedangkan hujan deras akan melanda wilayah selatan.

Baca Juga: BMKG Imbau Warga Lampung Antisipasi Curah Hujan Tinggi Desember hingga Januari

Menurut CMA, China bakal mengalami udara lebih ekstrem dan lebih sering pada musim dingin tahun ini serta akan mengalami La Nina.

Hawa dingin di China pada tahun ini lebih awal, bahkan sejak awal Oktober suhu udara sudah turun di bawah 20 derajat Celcius.

Beijing dan beberapa wilayah di utara dan timur laut diprediksi akan terjadi hujan salju mulai Minggu 7 November dini hari dengan suhu udara terendah minus 1 derajat Celcius.

Sejak Sabtu pagi, Beijing dilanda kabut tebal yang diikuti hujan dengan intensitas sedang hingga malam hari.

Beberapa sekolah dasar dan menengah di ibu kota China itu diinstruksikan tidak menggelar aktivitas luar ruang sejak Kamis  4 November  karena cuaca buruk.

Otoritas kesehatan China sampai sekarang masih berupaya menanggulangi meluasnya gelombang Covid-19, yang bermula dari Provinsi Gansu dan Daerah Otonomi Mongolia Dalam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini