Share

Indonesia - Inggris Jajaki Kerja Sama Kesehatan dan Produksi Vaksin

Vanessa Nathania, Okezone · Kamis 11 November 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 18 2500268 indonesia-inggris-jajaki-kerja-sama-kesehatan-dan-produksi-vaksin-DLuBBuvRau.jpg Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss dalam pertemuan di Jakarta, 11 November 2021. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyambut baik kedatangan Menteri Luar Negeri Inggris, Elizabeth Truss dalam kunjungan kerjanya membahas mengenai pemulihan bersama dari Pandemi Covid-19, pada Kamis (11/11/2021) di Jakarta.

Dalam keterangan persnya, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyampaikan lima hal penting yang dihasilkan dalam pertemuan kali ini, salah satunya harapan agar Indonesia dan Inggris bisa bekerja sama dalam pemulihan pandemi.

BACA JUGA: Menlu RI Bahas Isu Afghanistan, Myanmar dalam Pertemuan dengan Menlu Inggris : Okezone News

Menteri Retno Marsudi juga menyampaikan penghargaan Indonesia kepada Inggris yang sudah mendukung pembagian satu juta dosis vaksin Covid-19.

Kedua negara diketahui memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya kesetaraan vaksin dan nondiskriminasi terhadap vaksin apapun.

BACA JUGA : Kerja Sama Maritim, Wamenhan Dorong ASEAN Outlook on the Indo-Pacific

"Dalam jangka panjang, Indonesia-Inggris menjajaki kerja sama untuk membangun nasional, regional dan ketahanan kesehatan global, antara lain dengan memperkuat kerja sama dalam industri farmasi dan obat-obatan, membangun Indonesia sebagai hub regional produksi vaksin," kata Menlu Retno.

"Dukungan Inggris untuk mekanisme keuangan 'Kesiapsiagaan dan Tanggapan selama Pandemi' (PPR) yang diambil oleh Keuangan G20 serta Satgas Kesehatan akan dirampungkan, Insya Allah selama Kepresidenan Indonesia di G20." Lanjut Retno menyampaikan rencana jangka panjang Indonesia-Inggris.

(dka)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini