Share

Viral Anak-Anak Tangkap Buaya, Ini Kata BKSDA

Ahmad Ridwan Nasution, iNews · Kamis 18 November 2021 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 340 2503564 viral-anak-anak-tangkap-buaya-ini-kata-bksda-d1ewGb3dxM.jpg Viral video anak-anak tangkap buaya (Foto: Istimewa)

LABUHANBATU - Viral di media sosial, beberapa anak menangkap seekor buaya dan melepaskannya ke sebuah parit di Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Walau warga sekitar telah terbiasa atas kehadiran buaya tersebut, namun perlu diwaspadai karena buaya termasuk hewan liar yang juga di lindungi oleh undang-undang.

Dalam video tersebut, nampak anak-anak bergembira menangkap buaya kecil yang disebut buaya senyulong, lalu melepaskannya kembali ke dalam parit.

Di daerah penemuan buaya tersebut, ternyata sering juga terlihat beberapa buaya lain yang lebih besar dikarenakan kawasan tersebut bermuara dengan sungai.

Setelah penemuan buaya ini, warga terlihat lebih berhati hati dan merasa takut akan adanya buaya lain yang lebih besar akan mengganggu warga.

Baca Juga : Diserang Buaya 3 Meter, Pria Paruh Baya Alami Luka-Luka

Menanggapi aksi anak-anak tersebut, Plh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, Irzal Azhar, menjelaskan anak-anak dalam video tersebut hendak mengembalikan ke buaya habitatnya yang dekat dengan desa.

"BKSDA akan melakukan sosialisai kepada warga terkait seringnya muncul buaya dialiran parit yang berdekatan dengan pemukiman warga," ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Warga, kata Irzal, diharapkan agar waspada dengan kemunculan buaya tersebut, serta menghubungi BBKSDA Sumut jika kemunculan buaya kembali terjadi.

Selain cukup berbahaya, buaya senyulong juga di lindungi oleh undang-undang dan populasinya juga terancam punah.

Belakangan ini, curah hujan yang cukup tinggi membuat sejumlah aliran air mengalami kenaikan yang kadang menyebabkan banyaknya buaya yang berada dsiekitar pemukiman warga ikut naik ke darat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini