Share

Mantan Presiden Jatuh Pingsan di Penjara Usai Mogok Makan 7 Minggu

Agregasi VOA, · Sabtu 20 November 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 18 2504754 mantan-presiden-jatuh-pingsan-di-penjara-usai-mogok-makan-7-minggu-7pqBjIamyM.jpg Mantan Presiden Georgia MIkheil Saakashvili (Foto: Reuters)

GEORGIA - Mantan presiden Georgia yang dipenjara, Mikheil Saakashvili, jatuh dan kehilangan kesadarannya pada Kamis (18/11), usai melakukan aksi mogok makan selama tujuh pekan.

Pengacaranya Nika Gvaramia mengatakan bahwa ia semula mengira Saakashvili mengalami stroke tetapi kemudian diketahui tidak demikian. Kondisi mantan presiden Georgia itu kini stabil.

Namun, sebuah panel medis yang dibentuk oleh kantor pembela umum hari Kamis menyatakan bahwa kesehatan Saakashvili memburuk dan bahwa ia harus dipindahkan dari rumah sakit penjara ke sebuah klinik sipil, di mana ia dapat memperoleh perawatan yang memadai. Panel itu menyatakan Saakashvili mengalami masalah ginjal dan gangguan neurologis.

Saakashvili meninggalkan Georgia dan menuju ke Ukraina pada tahun 2013. Ia kemudian divonis in absentia atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan dijatuhi hukuman enam tahun penjara.

 Baca juga: Tokoh Oposisi Rusia Alexei Navalny Umumkan Mogok Makan di Penjara

Ia ditangkap pada 1 Oktober lalu sewaktu kembali ke Georgia menjelang pemilihan nasional untuk tingkat kotamadya, dengan maksud untuk menggalang kekuatan oposisi.

Baca juga: Penangkapan Kembali Mantan Presiden Georgia Diprotes Warga Ukraina

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini