Sempat Terlilit, Petugas Tangkap Ular Piton 4 Meter yang Mangsa Ternak Ayam

Ade Sata, iNews · Minggu 28 November 2021 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 340 2508716 sempat-terlilit-petugas-tangkap-ular-piton-4-meter-yang-mangsa-ternak-ayam-syFGLxjs7t.jpg Petugas damkar menangkap ular piton yang memangsa ternak ayam. (Foto : Ade Sata)

PALANGKARAYA โ€“ Seekor ular piton dengan panjang sekitar empat meter masuk ke pemukiman dan memangsa ternak ayam milik warga di Jalan Borneo Satu Kecamatan Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Ular itu akhirnya berhasil ditangkap petugas damkar dengan tongkat penjerat, meski kaki salah seorang petugas sempat menjadi sasaran lilitan ular.

Ular piton ini hanya diam saat terkurung di dalam kandang setelah memangsa ternak ayam.

Dengan menggunakan tongkat penjerat, Tim Animal Rescue Damkar Kota Palangkaraya berusaha menangkap ular sepanjang 4 meter dan mengeluarkannya dari dalam kandang ternak.

Meski sudah berhasil diamankan, ular yang memiliki perut besar usai memangsa ayam yang tengah bertelor ini sempat melakukan perlawanan. Ular itu melilit kaki salah seorang petugas.

Beruntung lilitan ular berhasil dilepaskan oleh petugas lain.

Baca Juga : Ngeri, Ular Piton Sepanjang 7 Kaki Ditemukan di Atas Kapal

Tertangkapnya ular piton tersebut membuat pemilik ternak merasa lega. Hal itu lantaran selama ini mereka takut karena di belakang rumahnya banyak rawa dan sudah banyak ayam peliharaan dimangsa ular.

โ€œSenang. Ada yang mengamankan ular. Kami ini takut soalnya di belakang kami ini kan rawa,โ€ kata pemilik ternak, Astuti, Minggu (28/11/2021).

โ€œUlar piton yang sudah masuk kandang ayam ini. Ada ular piton ini memakan ayam yang bertelor,โ€ kata Kasi Operasi Penyelamatan Damkar Kota Palangkaraya, Sucipto.

Ular piton itu kemudian dimasukan ke karung dan dibawa ke hutan yang aman dari jangkauan manusia untuk dilepaskan kembali agar tidak lagi masuk ke pemukiman untuk mencari makanannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini