Share

Ilmuwan: Omicron Akan Ambil Alih Varian Delta

Antara, · Jum'at 03 Desember 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 18 2511136 ilmuwan-omicron-akan-ambil-alih-varian-delta-3JJDrCRKHT.jpg Ilustrasi Covid-19 varian Omicron (Foto: Reuters)

PARIS - Ilmuwan sekaligus penasihat ilmiah utama pemerintah Prancis Jean-Francois Delfraissy mengatakan Prancis berada di tengah-tengah merebaknya varian Delta dari epidemi virus corona tapi dia memperingatkan bahwa varian baru Omicron akan secara progresif mengambil alih varian Delta.

"Musuh sebenarnya adalah gelombang kelima dengan varian Delta. Tapi kita harus melihat peningkatan progresif varian Omicron yang akan mengambil alih Delta," kata Delfraissy kepada televisi BFM.

Dia juga menegaskan kembali pihak berwenang melakukan semua tindakan yang bisa dilakukan untuk menghindari penguncian baru.

Baca juga: Prancis Akan Perpanjang Status Darurat Covid-19 Sampai Juli 2022

Kementerian Kesehatan mengatakan pada Rabu (1/12), Prancis mencatat hampir 50.000 kasus baru Covid-19 selama 24 jam.

Sebelumnya kementerian melaporkan lebih dari 30 ribu jiwa terinfeksi Covid-19 dalam satu hari yakni pada 24 November lalu. Angka ini tercatat pertama kalinya terbesar sejak bulan Agustus lalu. Kasus tersebut mendorong total kumulatif hingga di atas 7,45 juta jiwa dan rata-rata pergerakan tujuh hari infeksi baru lebih dari 20 ribu orang.

Baca juga: Prancis Akan Perpanjang Status Darurat Covid-19 Sampai Juli 2022

Menteri Kesehatan Olivier Veran mengatakan, jumlah 30 ribu kasus dalam waktu satu hari merupakan peningkatan infeksi yang cukup tajam. Meskipun ada langkah-langkah jarak sosial (Social Distancing) dan dorongan untuk meningkatkan vaksinasi.

Pemerintah Prancis juga dilaporkan meminta anggota parlemen supaya memperpanjang status darurat pandemi Covid-19 sampai 31 Juli 2022 untuk mengatasi krisis virus corona yang terus terjadi. Perpanjangan status darurat mengisyaratkan bahwa pemerintah masih akan memiliki wewenang untuk memperpanjang atau memberlakukan kembali langkah-langkah pembatasan seperti penggunaan pas kesehatan untuk dapat mengakses sejumlah tempat misalnya restoran, bar dan bioskop.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini