Kematian Misterius 200 Burung di Sekitar RS Picu Penyelidikan

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 03 Desember 2021 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 18 2511215 kematian-misterius-200-burung-di-sekitar-rs-picu-penyelidikan-gj67f9Zhnu.jpg Sekitar 200 burung mati misterius di sektar rumah sakit (Foto: Twitter/RadioVoz Ferroz)

SPANYOL - Misteri masih menyelimuti apa yang menyebabkan 200 burung "jatuh seperti hujan" di luar rumah sakit (RS). Insiden aneh itu terjadi sekitar pukul 9 pagi pada 26 November lalu, di Ferrol, barat laut Spanyol.

Media lokal melaporkan burung jalak yang mati, sekali jatuh, menabrak sesuatu dan pejalan kaki di luar Rumah Sakit Juan Cardona. Namun polisi mengonfirmasi tidak ada korban yang benar-benar terluka akibat ditabrak burung-burung itu.

"Mereka keluar dari pepohonan di area darurat rumah sakit, terbang beberapa meter dan jatuh ke trotoar,” terang Presiden asosiasi penduduk setempat Mapi Rodríguez kepada media lokal.

"Burung-burung telah dikumpulkan dan kami sekarang menunggu untuk mengetahui apa yang terjadi,” lanjutnya.

"Kami diberitahu itu tidak akan mudah,” ujarnya.

 Baca juga: Keren! Kawanan Burung Ini Terbang dalam Formasi Membentuk Sirip Paus

Dua dari ratusan unggas mati telah diambil oleh badan lingkungan regional untuk dianalisis, dan Dewan Kota Ferrol juga bergabung dalam penyelidikan.

Peristiwa serupa terjadi awal tahun ini di dekat Tarragona ketika ratusan burung jatuh dari langit karena bahan kimia beracun yang telah dilepaskan oleh pabrik petrokimia di daerah tersebut.

Baca juga: 5 Fenomena Aneh Ribuan Burung Mendadak Mati, Terjadi di Bali dan Cirebon

Burung Jalak diketahui terbang dalam kelompok besar yang sinkron. Jadi jika penyebab kematian massal di Ferrol adalah hal yang dipicu suatu zat berbahaya, maka jumlah burung yang mati akan masuk akal.

Namun belum ada penyebab atau alasan yang diberikan akibat insiden itu.

Salah satu rumor di media lokal mengatakan burung-burung itu mati karena tersengat listrik di kabel listrik terdekat, tetapi hal ini belum dikonfirmasi.

RS itu sendiri terletak tepat di tepi sungai Ria de Ferrol, yang mengalir ke Teluk Biscay. RS ini juga terletak di dekat universitas, supermarket, dan area metropolitan - tetapi tidak ada yang akan melepaskan bahan kimia berbahaya ke langit - menurut pencarian di Google Maps.

Menurut sumber setempat, ada juga taman lokal di sebelahnya, yang disebut Residencia Mista de Mairoes, yang menyebabkan banyak satwa liar lokal dapat ditemukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini