Gunung Semeru Meletus, Seluruh Rumah di Dusun Hancur

Agregasi Solopos, · Minggu 05 Desember 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 340 2512138 gunung-semeru-meletus-seluruh-rumah-di-dusun-hancur-mPlJRdfchc.jpg Gunung Semeru meletus (Ist)

LUMAJANG – Seluruh rumah warga di Dusun Curah Krobokan, Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), hancur dampak erupsi Gunung Semeru.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lumajang, Indah Amperawati, saat mengikuti jumpa pers secara virtual bersama Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto, pada Sabtu (4/12/2021) malam.

Indah mengaku seluruh warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru untuk sementara diungsikan di Balai Desa Penanggal. Selain permukiman warga yang luluh lantak, pihaknya menyebut ada jembatan putus akibat letusan Gunung Semeru tersebut.

Jembatan yang putus itu adalah Jembatan Gladak Perak, yang merupakan akses penghubung antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Akibat kondisi itu, warga yang ada di Pronojiwo tidak bisa mengarah ke Lumajang.

“Beberapa teman harus putar melewati Malang. BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Malang mohon membantu untuk membuka pos tempat pengungsian dan dapur umum untuk melayani warga di Pronojiwo,” ujar Wakil Bupati Lumajang.

Indah menyebutkan total ada sekitar 300 kepala keluarga yang berasal dari Curah Krobokan yang mengungsi di Balai Desa Penanggal. Meski demikian, masih ada sekitar 10 orang yang belum bisa dievakuasi menyusul lokasinya yang sulit di akes akibat tertimbun lumpur atau abu vulkanik Gunung Semeru.

Baca Juga : Bupati Lumajang: Kami Butuh Relawan untuk Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

“Terakhir, satu jam yang lalu masih ada 10 orang yang belum bisa dievakuasi karena lokasinya sulit. Laporan di lapangan, akses ke lokasi tertutup lumpur [abu vulkanik] setinggi lutut pria dewasa,” ucapnya.

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini