Tingkatkan Produktivitas, Mulai Januari 2022 Jam Kerja PNS di UEA Dipersingkat

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 08 Desember 2021 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 18 2513653 tingkatkan-produktivitas-mulai-januari-2022-jam-kerja-pns-di-uea-dipersingkat-yvAPm5ovTK.jpg Foto: Reuters.

DUBAI - Pegawai pemerintah di Uni Emirat Arab (UEA) dalam waktu dekat hanya perlu bekerja dari Senin sampai Jumat dan berakhir pekan pada Sabtu dan Minggu, seperti yang diatur di banyak negara lainnya.

Jam kerja reguler untuk pegawai federal adalah 07:30 hingga 15:30, kecuali pada Jumat, yang merupakan hari kerja singkat yang berakhir pada tengah hari untuk mengakomodasi sholat Jumat.

BACA JUGA: Anjing Kesayangan Hilang, Sultan Ini Sediakan Hadiah Rp23 Juta bagi Penemunya

Dalam sebuah pernyataaan, pemerintah UEA mengatakan perubahan itu akan "meningkatkan produktivitas dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja", demikian diwartakan RT.

Jadwal baru hanya berlaku untuk pekerja pemerintah federal dan bukan untuk sektor swasta, dan akan mulai berlaku pada 1 Januari. Di bawah sistem saat ini, Jumat dan Sabtu adalah hari libur di UEA sementara Minggu adalah hari kerja.

BACA JUGA: Abu Dhabi Keluarkan Undang-Undang Khusus untuk Atur Status Pribadi Warga Non-Muslim

Pemerintah federal adalah pemberi kerja utama yang menyumbang sekitar 40% dari pekerjaan yang ditempati oleh warga UEA. Sektor swasta di negara Arab itu didominasi oleh tenaga kerja asing.

Minggu kerja yang berlaku saat ini diadopsi oleh UEA pada 2006, ketika negara itu melakukan perubahan dari sistem akhir pekan Kamis dan Jumat untuk membuat bisnis lokal lebih sinkron dengan rekan dan klien Barat dalam hal jam kantor.

Desas-desus pengaturan ulang lebih lanjut telah beredar di media sosial UEA selama beberapa waktu, tetapi dibantah sebagai 'berita palsu' oleh pejabat dan media negara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini