Sri Sultan Hamengkubuwono X Balas Kunjungan Ridwan Kamil, Hubungan Jabar-Yogyakarta Makin Erat

Dicky Wismara, iNews · Rabu 08 Desember 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 340 2513900 sri-sultan-hamengkubuwono-x-balas-kunjungan-ridwan-kamil-hubungan-jabar-yogyakarta-makin-erat-1ijgGDWoiu.jpg Ridwan Kamil dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: Dicky Wismara)

BANDUNG - Jalinan kerja sama antara Pemprov Jabar dan Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bidang kebudayaan dan pariwisata semakin erat. Hal ini dengan adanya kunjungan balasan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X ke Bandung, Jawa Barat.

Gempita Budaya merupakan rangkaian muhibah budaya antara kedua provinsi, setelah pekan lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin Pagelaran Pesona Budaya Jabar di Yogyakarta, Kini kunjungan balasan pun dilakukan oleh Sultan Hamengkubuwono X ke Kota Bandung.

Pemprov DIY menghadirkan Tarian Bedhaya Sapta di depan Gedung Sate Bandung. Menurut Ridwan Kamil, tarian itu sebagai bukti Sri Sultan menghargai persahabatan yang dibangun antara Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

Baca juga: Sah! Kolaborasi Jawa-Sunda, Ridwan Kamil dan Sri Sultan Hamengkubuwono X Kerja Sama Kebudayaan

Bedhaya Sapta merupakan tarian ciptaan Hamengkubuwono IX yang terinspirasi dari Babad Pasundan yang konon ditemukan di Gedung Sate pada tahun 70-an.

“Kerja sama di bidang budaya dan pariwisata ini menegaskan persahabatan Jabar dan Yogyakarta semakin kokoh dan sejarah yang negatif di masa lalu mulai hilang. Sehingga kerja sama di bidang budaya, pariwisata, ekonomi dan pendidikan akan semakin konkrit,” ujar Ridwan Kamil.

Sementara itu, Sri Sultan menyampaikan, pertunjukan malam ini merupakan momentum yang sangat menentukan karena ada sejarah baru terbentuk di antara Jabar dan Yogyakarta.

“Sebelumnya pernah dilakukan oleh para leluhur yang dicerminkan dalam tarian yang dipertunjukkan,” ujar Sri Sultan.

Persahabatan yang terjalin antara Jabar dan DIY ini diharapkan dapat diwujudkan dengan daerah-daerah lainnya. Diharapkan juga lewat peristiwa ini dapat terbangun sinergi yang lebih bermanfaat bagi Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini