Share

Varian Omicron Ditemukan di Arab Saudi, Umrah Tidak Ditangguhkan

Agregasi VOA, · Kamis 09 Desember 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 18 2514178 varian-omicron-ditemukan-di-arab-saudi-umrah-tidak-ditangguhkan-eefXjs4Qwo.jpg Ibadah umrah (Foto: Reuters)

RIYADH - Pemerintah Indonesia tetap akan memberangkatkan jamaah umrah ke Arab Saudi meski ditemukan varian Omicron di negara itu.

Varian Omicron diketahui telah menyebar ke Arab Saudi pekan lalu. Perkembangan terbaru ini memicu kehawatiran sebagian warga Muslim di Indonesia tentang potensi penangguhan umrah kembali.

Seperti diketahui, Arab Saudi baru mengizinkan jemaah dari Indonesia untuk berumrah pada awal bulan ini setelah membaiknya kondisi pandemi. Sebelumnya sejak awal Februari pemerintah Arab Saudi menangguhkan ijin umrah bagi jemaah Indonesia.

 Baca juga: Kasus Varian Omicron Ditemukan di Arab Saudi, Jadi yang Pertama dari Afrika Utara

Dihubungi VOA melalui pesan teks, Konsul Haji dan Umrah di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Jeddah, Arab Saudi, Endang Jumali, menegaskan tidak ada kebijakan penangguhan pelaksanaan umrah dari pihak Arab Saudi walau telah ditemukan varian Omicron di negara itu.

Bahkan, lanjutnya, aktivasi aplikasi pengajuan visa umrah bagi warga Indonesia sudah dibuka sejak Senin (6/12).

 Baca juga: Saudi Cabut Larangan Terbang, Warga Indonesia Bisa Umrah Mulai 1 Desember

"Sampai saat ini pemerintah Arab Saudi belum ada kebijakan baru yang terkait adanya perubahan akibat dampak dari virus varian baru omicron. Karena itu, saya kira proses umrah tetap berjalan dan negara-negara yang tidak dilarang sudah masuk dan Indonesia pun sudah dibuka larangannya," terangnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini