Belanda Siap Kucurkan Rp2,4 Triliun Beli Lukisan Mahakarya Rembrandt

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 09 Desember 2021 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 18 2514306 belanda-siap-kucurkan-rp2-4-triliun-beli-lukisan-mahakarya-rembrandt-jKBgHVAqzI.jpg Standard Bearer karya Rembrandt van Rijn. (Foto: Wikimedia Commons)

AMSTERDAM - Pemerintah Belanda mengatakan berencana untuk membeli lukisan potret diri ikonik karya seniman Belanda abad ke-17 Rembrandt van Rijn.

Amsterdam dilaporkan sedang berusaha mencari pesetujuan parlemen untuk membeli lukisan tersebut. “Standard Bearer” karya Rembrandt ini dinilai sebagai sebuah karya seni yang sangat penting bagi budaya dan sejarah Belanda.

BACA JUGA: Komputer Berhasil Melukis Bergaya Pelukis Belanda Rembrandt

Mahakarya dari tahun 1636 itu telah dimiliki oleh kolektor pribadi termasuk keluarga Rothschild selama berabad-abad. Lukisan ini akan melakukan tur sebelum ditampilkan di Rijksmuseum Amsterdam.

"Standard Bearer akan pulang untuk selamanya setelah perjalanan beberapa abad," kata Menteri Kebudayaan Ingrid van Engelshoven dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir BBC.

BACA JUGA: Mahakarya Pelukis Belanda Dicuri untuk Ketiga Kalinya

Pemerintah Belanda menyisihkan €150 juta (Rp2,4 triliun) untuk membeli lukisan itu, sementara dana museum akan menambah €10 juta (Rp162 miliar) dan Asosiasi Rembrandt menambah €15 juta (Rp244 miliar) lagi.

Standard  Bearer menunjukkan Rembrandt dalam kostum pembawa bendera yang memimpin pasukan ke medan perang dalam Perang Delapan Puluh Tahun, yang memuncak pada kemerdekaan Belanda pada 1648.

Lukisan itu Itu ditunjukkan pada sebuah pameran di Rijksmuseum pada 2019.

Standard Bearer telah dimiliki oleh cabang Prancis dari keluarga Rothschild sejak 1844, dan Prancis telah menyatakannya sebagai harta nasional.

Belanda memutuskan untuk melakukan pembelian setelah Prancis melepaskan haknya untuk membeli lukisan itu dan mengizinkan penjualan di pasar terbuka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini