Share

Miris! Gajah Sumatera yang Mati Tersengat Listrik Sedang Menyusui

Indra Yosse, iNews · Minggu 12 Desember 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 340 2515806 miris-gajah-sumatera-yang-mati-tersengat-listrik-sedang-menyusui-dYoy7Wf2dV.jpeg Gajah sumatera mati tersengat listrik. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU - Gajah sumatera dengan nama latin elephas maximus sumatranus ditemukan mati sekira pukul 10.00 WIB, tak jauh dari barak pekerja perkebunan kelapa sawit di Desa Koto Pait, Kecamatan Tualang Mandau, Bengkalis.

Organisasi pecinta gajah mitra Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang mendapat laporan langsung turun ke lokasi memantau kondisi bangkai gajah.

Hasil penyelidikan sementara, gajah betina mati akibat tersengat aliran arus listrik barak pekerja kelapa sawit.

“Tidak jauh dari bangkai gajah terdapat sebuah barak pekerja nyaris rubuh diduga dirusak oleh gajah,” ujar plt. Kepala BBKSDA Riau Fifin Arfiana Joga Sari, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Kasihan, Gajah Sumatera Mati Tersetrum Kabel Milik PLN

BBKSDA Riau telah menurunkan tim medis untuk melakukan nekropsi atau bedah bangkai untuk mencari kematian satwa dilindungi tersebut.

BBKSDA Riau menyesalkan kematian gajah betina tersebut. Pasalnya induk gajah mati dalam kondisi menyususi.

“Dugaan sementara, kematian gajah tersebut karena kesenturum aliran listrik yang tersambung ke sebuah barak pekerja perkebunan kelapa sawit,” Tambah Fifin.

Gajah yang ditemukan mati merupakan bagian dari individu kelompok empat puluh gajah liar di kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini