Share

Topan Super Rai Landa Filipina, Paksa Puluhan Ribu Orang Mengungsi

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 Desember 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 18 2518125 topan-super-rai-landa-filipina-paksa-puluhan-ribu-orang-mengungsi-bJYcfavCys.jpg Petugas penjaga pantai membantu evakuasi warga dari banjir yang disebabkan Topan Rai di Cagayan de Oro, Filipina, 16 Desember 2021. (Foto: Reuters)

MANILA - Topan Rai dengan cepat meningkat menjadi badai Kategori 5 sebelum mendarat di Filipina selatan pada Kamis (16/12/2021). Kedatangan topan ini memaksa evakuasi massal puluhan ribu orang dan pembatalan penerbangan saat air banjir mencapai setinggi dada di komunitas dataran rendah.

BACA JUGA: Filipina Diterjang Topan Terkuat 2020, Setidaknya 10 Tewas

Rai, topan ke-15 yang memasuki wilayah Filipina tahun ini, menghantam pulau tujuan wisata Siargao di provinsi selatan Surigao del Norte, dengan kecepatan angin maksimum hingga 195 km per jam, demikian disampaikan biro cuaca Filipina.

Hampir 100.000 orang telah meninggalkan rumah mereka ketika topan paling kuat kedua yang melanda negara itu tahun ini menyebabkan hujan lebat di pulau-pulau selatan dan bergerak menuju bagian tengah kepulauan itu.

BACA JUGA: Tongkang Tenggelam Dihantam Topan Tauktae, Setidaknya 26 Tewas, 53 Masih Hilang

Badan bencana Filipina mengatakan telah menerima laporan tentang pemadaman listrik dan banjir di beberapa daerah, tetapi sejauh ini tidak ada korban jiwa.

Rekaman yang dibagikan oleh Penjaga Pantai Filipina menunjukkan tim penyelamat mengarungi perairan setinggi dada di Kota Cagayan de Oro di pantai utara Mindanao, sambil mengangkut penduduk dengan perahu karet.

"Orang Filipina tangguh, tetapi Topan Super ini merupakan pukulan pahit bagi jutaan orang yang masih belum pulih dari badai, banjir, dan Covid-19 yang menghancurkan pada tahun lalu," kata Ketua Palang Merah Filipina Richard Gordon dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters.

Maskapai membatalkan puluhan penerbangan, sementara otoritas transportasi melarang perjalanan laut dan darat di Filipina tengah dan selatan, menyebabkan ribuan orang terdampar di pelabuhan.

Filipina telah menunda dimulainya vaksinasi massal di sebagian besar negara karena badai.

Sekira 20 badai tropis setahun menyerang Filipina, negara dengan lebih dari 7.600 pulau, menyebabkan banjir dan tanah longsor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini