Share

Misteri Hilangnya Pesawat MH370, Citra Satelit Ungkap Diduga Jatuh di Hutan Kamboja

Susi Susanti, Okezone · Selasa 21 Desember 2021 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 18 2520517 misteri-hilangnya-pesawat-mh370-citra-satelit-ungkap-diduga-jatuh-di-hutan-kamboja-m2opiYmAdC.jpg Pesawat MH370 diduga jatuh di Hutan Kamboja (Foto: Andrew Milne)

KAMBOJA - Nasib penerbangan MH370 yang hilang telah terbukti menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di era modern ini. Pesawat tersebut menghilang dari radar pada 8 Maret 2014, tidak lama setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Apa yang terjadi pada Boeing 777-200ER dan 239 orang di dalamnya tidak diketahui, tetapi insiden itu telah memicu perburuan liar untuk mencari kebenaran tentang keberadaan pesawat itu.

Saat ini, Andre Milne dari Unicorn Aerospace percaya bahwa dia dan timnya mungkin hampir memecahkan misteri itu.

Menurut penyelidik MH370 itu, dia telah menemukan citra satelit dari apa yang dia gambarkan sebagai "peristiwa dampak" jauh di dalam hutan Kamboja.

Baca juga: Ahli Dirgantara Inggris Klaim Temukan Lokasi MH370, Desak Pencarian Baru Dilakukan

Dia mengatakan kepada Express.co.uk bahwa dia melakukan referensi silang gambar dengan kontaknya di Pentagon , Amerika Serikat (AS) dan Gedung Putih, dan bermaksud untuk meluncurkan misi pengintaian helikopter pada awal tahun 2022.

Komunike terakhir awak MH370 direkam di atas Laut Cina Selatan, sekitar 38 menit setelah lepas landas.

 Baca juga: Pakar Pilot MH370 Mungkin Sandera Penumpang Sebelum Jatuh ke Laut, Ada Motif Politik

Tak lama setelah itu, pengendali lalu lintas udara kehilangan jejak pesawat tetapi masih dilacak oleh radar militer selama sekitar satu jam.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Data radar menunjukkan pesawat menyimpang dari rute yang direncanakan dan menghilang sekitar 200 mil laut barat laut Pulau Penang, Malaysia.

Milne percaya pesawat itu mungkin jatuh di atas Kamboja, yang terletak di timur laut Malaysia, di antara Thailand dan Vietnam.

Ini muncul setelah beberapa bukti muncul untuk menunjukkan bahwa pesawat yang hilang itu terakhir kali di-ping ke seluruh negeri tetapi informasi itu awalnya diabaikan.

"Kontak Pentagon saya pada dasarnya memerintahkan saya untuk mendapatkan tim pengintaian rahasia di lapangan sesegera mungkin,” terangnya.

"Dua tim akhirnya dibentuk oleh kru pengintai rahasia terbaik yang pernah saya tangani yang setelah berbulan-bulan perencanaan pergi ke hutan Kamboja Senin lalu dan menetapkan lokasi kecelakaan hampir tidak mungkin untuk dicapai dengan berjalan kaki dan kemudian dikirim dengan drone pengintai. untuk mengkonfirmasi keadaan lokasi kecelakaan yang sekarang telah sepenuhnya ditumbuhi vegetasi hutan,” lanjutnya.

“Artinya, satu-satunya cara seseorang mencapai lokasi itu sekarang adalah dengan helikopter pengintai. Itu sedang dikerjakan sekarang,” ujarnya.

"Saya juga akan menjangkau para pemain Intel Sat Militer China, Rusia dan AS dan meminta sapuan penginderaan jauh yang akan mengambil dari luar angkasa massa aluminium dan titanium yang dicurigai di tanah yang berada di bawah kanopi hutan,” ungkapnya.

"Saya ingat bahwa sinyal terakhir yang sebenarnya diterima dari MH370 ke Kontrol Operasi Malaysia sebenarnya dari Kamboja tetapi secara keliru diabaikan karena dugaan data Samudera Hindia Selatan Inmarsat dianggap lebih dapat diandalkan yang kita semua tahu sekarang bagaimana misi pencarian MH370 berakhir. dalam kegagalan total,” paparnya.

Menurut penyelidik, gambar satelit yang dia bagikan menunjukkan "sebelum dan sesudah" dari lokasi kecelakaan yang diklaim, sebelum dan sesudah MH370 hilang.

Dia percaya gambar-gambar itu, jika dibandingkan, mengungkapkan sesuatu yang melanda bagian hutan ini.

Gambar lain yang dia bagikan, tampaknya menunjukkan tata letak Boeing 777 skala 1:1 ke lokasi, yang menurut Milne "cocok dengan ukuran skala Malaysia Flight MH370".

Sementara itu, laporan pada 2018 tentang hilangnya MH370 oleh Kementerian Transportasi Malaysia tidak meyakinkan tetapi menghasilkan penerapan protokol keselamatan yang diharapkan akan mencegah tragedi serupa lainnya terjadi.

Karena banyak peneliti percaya pesawat itu jatuh ke laut, langkah-langkah tersebut termasuk memperpanjang masa pakai baterai pada balok pencari bawah air serta memperpanjang waktu perekaman perekam data penerbangan.

Potongan-potongan puing pesawat potensial telah ditemukan di sepanjang pantai di wilayah tersebut, menunjukkan bahwa pesawat itu mungkin tidak jatuh di tanah yang keras.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini