Share

Inilah Alasan Kota Kediri Memborong Tiga Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 dari ITB

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Senin 27 Desember 2021 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 1 2523421 inilah-alasan-kota-kediri-memborong-tiga-penghargaan-rating-kota-cerdas-indonesia-2021-dari-itb-u9x8GA0DwS.jpg Foto: Dok Pemkot Kediri

Kediri-Kota Kediri meraih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 untuk Kota Sedang. Penghargaan tersebut diberikan oleh Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institute Teknologi Bandung (ITB) dalam acara penutupan Riset Transformasi Digital Indonesia (RDTI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2021, pada Senin (27/12/2021).

RKCI merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi smart city (kota cerdas) berdasarkan potensi dan karakter lokal. Kota Kediri berhasil meraih tiga kategori penghargaan sekaligus. Yakni, kategori kota menuju cerdas, kategori kota dengan ekonomi cerdas, dan kategori kota dengan masyarakat cerdas.

Pada kategori kota menuju cerdas, Kota Kediri memiliki beberapa inovasi yang dinilai dapat mengatasi permasalahan kota dan memiliki masterplan smart city. Lalu pada kategori kota dengan masyarakat cerdas, di Kota Kediri, peran masyarakat besar dalam memberi dukungan dalam implementasi inovasi-inovasi yang ada. Seperti peran pokmas dalam prodamas, peran komunitasi dalam English Massive, dan peran masyarakat bersinergi dalam mengatasi Covid-19 melalui Si Jamal, Batman, dan Sinergi 3 Pilar. Untuk menjadi masyarakat cerdas (smart society) diperlukan empat aspek. Yaitu, kesiapan dan kemampuan kota, ketersediaan layanan, kesiapan sosial budaya, serta dukungan teknologi atau tata kelola.

Sementara untuk kategori kota dengan ekonomi cerdas, ITB mengukur kemampuan sebuah kota dalam meningkatkan perekonomian dan memaksimalkan sumber daya potensi kota melalui infrastruktur, teknologi, tata kota, dan data analisis. Dalam penilaian tersebut ITB melihat tiga hal yakni, quality of life, IT base, dan inovasi ekonomi. Kota Kediri memiliki beberapa terobosoan di bidang ekonomi. Seperti, Rumah Kurasi, kerjasama dengan beberapa marketplace di masa pandemi untuk menggerakkan ekonomi, keikutsertaan dalam Jatim Bejo, dan menyelenggarakan virtual expo UMKM.

Atas penghargaan tersebut Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan keberhasilan meraih tiga kategori Rating Kota Cerdas dari ITB menjadi motivasi Pemerintah Kota Kediri selangkah lagi menjadi smart city. Terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini mendorong akselerasi transformasi menuju kepada digital teknologi.

โ€œPandemi ini kita melakukan berbagai digitalisasi. Mulai dari digitalisasi ekonomi hingga digitalisasi pelayanan publik. Kita bisa terus bangkit di masa pandemi ini karena adanya digitalisasi,โ€ ujarnya.

Sebelumnya, Kota Kediri juga meraih penghargaan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kota Kediri dinilai unggul dalam kategori smart branding yang merupakan salah satu pilar utama dalam implementasi gerakan menuju 100 Smart City.//pkp//

CM

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini