Share

40 Rumah di Sukabumi Porak-poranda Diterjang Puting Beliung

Dharmawan Hadi, iNews · Selasa 28 Desember 2021 00:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 340 2523500 40-rumah-di-sukabumi-porak-poranda-diterjang-puting-beliung-Msq8unis1l.jpg Rumah di Sukabumi rusak usai diterjang puting beliung (Foto : MPI)

SUKABUMI - Sebanyak 40 rumah warga di Desa Cijurey dan Desa Karangjaya, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, rusak setelah diporak-poranda angin puting beliung pada Senin (27/12/2021) siang.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Gegerbitung, Ofieq mengatakan, bencana angin puting beliung ini, telah merusak puluhan rumah penduduk di Kampung Manonjaya, RT 08/03, Kampung Cisayang, RT 15,16/04, Kampung Lembur Sawah, RT 17/05, Kampung Pasir Kuda, RT 18/05, Kampung Cisayang, RT 19,20/05, Desa Cijurey dan di Kampung Cikatang, RT 20, Desa Karang Jaya, Kecamatan Gegerbitung

"Bencana angin puting beliung ini, terjadi sekira pukul 12.30 WIB. Ini terjadi saat wilayah tersebut diguyur hujan disertai dengan angin kencang," ujar Ofieq kepada MNC Portal Indonesia.

Baca Juga : Dahsyatnya Puting Beliung Hancurkan 15 Rumah dan 6 Ruko di Tegal Mukti

Ofieq menambahkan bencana puting beliung tersebut telah merusak 40 unit rumah penduduk yang berada di wilayah Desa Cijurey dan Desa Karangjaya, Kecamatan Gegerbitung. Selain merusak rumah warga, angin puting beliung, juga telah merusak 3 unit bangunan fasilitas umum dan beberapa pohon tumbang di sejumlah lokasi.

"Yang terdampak dari bencana puting beliung itu, ada sekitar 40 kepala keluarga (KK). Yakni, 3 unit rumah rusak berat, 15 unit rumah rusak sedang dan 35 unit rusak ringan," ujar Ofieq menjelaskan.

Dari 40 unit rumah penduduk ini, ujar Ofieq, mayoritas bangunan rumah yang rusak berada pada bagian atap bangunan. Seperti genting rusak terbawa angin puting beliung. "Sementara, untuk jumlah kerugian materil belum kita ketahui secara pasti nominalnya. Sebab, kita bersama petugas gabungan masih fokus pada penanganan bencananya," ujarnya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Pihaknya menambahkan, setelah mengetahui kejadian bencana alam tersebut, ia bersama petugas gabungan dari TNI, Polri dan pemerintah desa serta pemerintah Kecamatan Gegerbitung, langsung bergegas ke lokasi kejadian.

"Setiba di lokasi, petugas selain mengevakuasi material bangunan rumah warga yang rusak akibat tersapu puting beliung, juga mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang akibat terbawa angin kencang itu," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini