Share

Angin Puting Beliung Hantam Permukiman, 8 Rumah dan Masjid Rusak

Adi Haryanto, Koran SI · Selasa 28 Desember 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 340 2523632 angin-puting-beliung-hantam-permukiman-8-rumah-dan-masjid-rusak-78wvWIGcp5.jpg Rumah di Bandung rusak dihantam angin puting beliung (foto: BPBD Bandung)

BANDUNG BARAT - Angin puting beliung yang menghantam Kampung Balepulang, RW 10, Desa Cipada, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), merusak sejumlah rumah dan masjid.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, ada sebanyak delapan rumah warga dan satu masjid yang mengalami kerusakan dan tersebar di RT 1, 2, dan 3.

"Delapan rumah dan satu masjid rusak karena diterjang angin puting beliung. Kejadiannya Senin (27/12/2021) petang menjelang Magrib," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD KBB, Asep Sulaeman, Selasa (28/12/2021).

 Baca juga: Madiun Diterjang Angin Puting Beliung, BNPB: 7 Luka dan 515 Rumah Terdampak

Asep mengatakan, kerusakan rumah warga ada yang ringan, sedang, dan rusak berat. Sementara untuk Masjid Al-Furqon mengalami rusak ringan. Selain itu pada saat kejadian juga menyebabkan aliran listrik di wilayah tersebut mati total.

Angin puting beliung terjadi saat turun hujan deras, kemudian datang hembusan angin yang kencang menyapu permukiman warga. Setelah angin menjauh dan hujan reda, ternyata didapati rumah warga yang mengalami kerusakan.

 Baca juga: Angin Puting Beliung Terjang Madiun, 515 Rumah dan Kantor Polsek Rusak

"Kebanyakan genting dan atap rumah ke bawa terbang. Tapi ada juga pohon tumbang yang dahannya menimpa masjid, dan ada rumah yang tertimpa batang pohom sehingga rusak cukup parah," sebutnya.

Warga dan petugas gabungan langsung melakukan evakuasi pohon tumbang dengan cara memotong pohon menggunakan gregaji mesin. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena saat kejadian penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan untuk masjid saat itu sedang tidak ada jemaah.

"Petugas kami masih berada di lokasi kejadian untuk membantu membereskan material bangunan dan menyingkirkan material sisa pohon yang tumbang," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini