Share

4 Negara yang Berkonflik dengan Israel, Palestina hingga Suriah

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 30 Desember 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 18 2524407 4-negara-yang-berkonflik-dengan-israel-palestina-hingga-suriah-bd98oMRKht.jpg Konflik Israel-Palestina terus memanas (Foto: Reuters)

JAKARTA - Israel tercatat pernah konflik dengan beberapa negara. Tak hanya Palestina, namun juga Mesir, Suriah, dan Yordania pernah mengalami konflik dengan Israel. Konflik yang terjadi ini dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya untuk mempertahankan wilayah kekuasaan. Berikut negara yang konflik dengan Israel dikutip dari berbagai sumber.

1. Palestina

Hingga saat ini, konflik Israel dan Palentina belum kunjung mereda. Kedua negara saling melakukan gencatan senjata. Akibatnya banyak bangunan hancur dan orang meninggal dunia. Konflik Israel dan Palestina ini dipicu oleh berbagai faktor. Mulai dari klaim atas agama dan sejarah, hukum internasional yang dilanggar dan kurangnya dukungan Liga Arab.

Baca juga: Presiden Palestina Lakukan Kunjungan Langka ke Menhan Israel, Ada Apa?

2. Mesir

Pada 5 Juni 1967, Israel menyerang Semenanjung Sinai. Israel menggunakan 200 pesawat tempur untuk menggempur Mesir dari sisi utara. Mesir tidak menduga atas serangan yang dilakukan Israel. Akibat serangan tersebut, 90 persen kekuatan tempur Mesir hancur. Hal ini menjadikan Israel mengungguli Mesir. Karena tidak mampu menahan serangan Israel, pasukan Mesir pun mundur. Namun Israel terus memburu pasukan Mesir yang ditarik mundur.

Baca juga: Selama Desember, Israel Sudah 2 Kali Bom Pelabuhan Suriah

3. Suriah

Karena Suriah memberi dukungan kepada Mesir dan Yordania, Israel pun melancarkan serangan darat di perbatasan timur laut Suriah. Tank dan pasukan Israel menjebol paksa Dataran Tinggi Golan milik Suriah pada 5 Juni 1967. Pasukan Israel pun akhirnya berhasil mengalahkan pasukan Suriah. Selain itu Israel juga berhasil menguasai Dataran Tinggi Golan.

4. Yordania

Yordania pernah menembaki Israel menggunakan meriam dari Yerusalem. Israel pun membalasnya dengan serangan yang lebih mematikan. Hingga akhirnya Israel berhasil menguasai Yerusalem dan Tepi Barat. Selain itu Israel juga melebarkan serangannya dan merebut kota tua Yerusalem yang mencakup kompleks Masjid Al-Aqsa pada 7 Juni 1967.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini