Share

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit karena Penyumbatan Usus

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 04 Januari 2022 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 18 2527139 presiden-brasil-jair-bolsonaro-dirawat-di-rumah-sakit-karena-penyumbatan-usus-8Lm3EQpHof.jpg Presiden Brasil Jair Bolsonaro dirawat di Rumah Sakit Vila Nova Star, Sao Paulo karena mengalami penyumbatan usus, 3 Januari 2022. (Foto: Reuters)

BRASILIA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro dirawat di rumah sakit pada Senin (3/1/2022) karena penyumbatan usus dan mungkin perlu menjalani operasi. Kondisi ini merupakan komplikasi terbaru sebagai akibat dari penusukan yang dialaminya pada 2018.

BACA JUGA: Presiden Brasil Dilarikan ke RS Setelah 10 Hari Cegukan, Kemungkinan Akan Dioperasi

Diwartakan Reuters, Bolsonaro mengatakan dia mulai merasa tidak enak badan pada Minggu (2/1/2022) sore setelah makan siang dan dokter telah memasukkan selang nasogastrik. Pejabat medis menggambarkan kondisinya stabil dan membaik.

"Tes lebih lanjut akan dilakukan untuk operasi potensial pada obstruksi internal di daerah perut," tulis Bolsonaro di Twitter, bersama dengan foto dirinya mengacungkan jempol di ranjang rumah sakit.

Bolsonaro mengatakan itu adalah rawat inap kedua "dengan gejala yang sama" sejak dia ditikam selama acara kampanye September 2018 dan menjalani serangkaian operasi darurat.

BACA JUGA: Calon Presiden Brasil, Bolsonaro Ditusuk Saat Berkampanye

Rumah sakit Vila Nova Star mengonfirmasi dalam catatan medis bahwa Bolsonaro dirawat di rumah sakit pada dini hari Senin dengan penyumbatan usus.

"Dia dalam kondisi stabil, menjalani perawatan," demikian keterangan dari rumah sakit. "Saat ini, tidak ada perkiraan dia akan dipulangkan."

Dalam pernyataan terpisah di malam hari, Vila Nova Star mengatakan bahwa Bolsonaro membaik dan dia telah berjalan-jalan sebentar di lorong. Rumah sakit menambahkan bahwa dia tidak menderita gejala seperti demam atau sakit perut, tetapi belum jelas apakah dia perlu dioperasi.

Jaringan TV Globo menunjukkan gambar Bolsonaro, yang sedang berlibur di negara bagian selatan Santa Catarina, berjalan menuruni tangga pesawat kepresidenan setelah mendarat di Sao Paulo sekitar pukul 1:30 pagi waktu setempat.

Pada Juli 2021, ia dibawa ke rumah sakit Vila Nova Star di Sao Paulo karena penyumbatan usus setelah menderita cegukan kronis.

Bolsonaro telah berkuasa sejak 2019 dan berencana untuk mencalonkan diri kembali sebagai presiden dalam pemungutan suara yang dijadwalkan Oktober tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini