Share

Sekjen PBB Sambut Baik Pernyataan Bersama Negara P5 untuk Hindari Perang Nuklir

Antara, · Selasa 04 Januari 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 18 2527385 sekjen-pbb-sambut-baik-pernyataan-bersama-negara-p5-untuk-hindari-perang-nuklir-Yz9CVSFRus.jpg Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (Foto: Reuters)

NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin (3/1/2022) menyambut baik penyataan bersama negara-negara pemilik senjata nuklir mengenai pencegahan perang nuklir dan perlombaan senjata.

BACA JUGA: Lima Negara Terkuat Dunia Berjanji Hindari Perang Nuklir

"Sekjen mengapresiasi pengakuan negara-negara bersenjata nuklir tentang perlunya mematuhi non-proliferasi bilateral dan multilateral, perlucutan senjata dan kesepakatan serta komitmen pengendalian senjata, termasuk kewajiban mengikat mereka di bawah Pakta Non-Proliferasi Senjata Nuklir terkait dengan perlucutan senjata nuklir," kata Juru Bicara Sekjen PBB Stephane Dujarric lewat pernyataan.

Guterres gembira dengan komitmen bersama tersebut untuk mencegah perang nuklir dan menantikan informasi lebih lanjut seputar inisiatif masa depan, tulis pernyataan itu.

BACA JUGA: Indonesia Serukan Penggunaan Nuklir untuk Tujuan Damai

Satu-satunya cara untuk melenyapkan semua risiko nuklir adalah menghancurkan semua senjata nuklir, katanya.

Disebutkan pula bahwa Guterres bersedia berkoordinasi dengan negara-negara bersenjata nuklir dan seluruh negara anggota PBB untuk mewujudkan cita-cita ini segera mungkin.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini