Share

Lima Negara Terkuat Dunia Berjanji Hindari Perang Nuklir

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 04 Januari 2022 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 18 2527100 lima-negara-terkuat-dunia-berjanji-hindari-perang-nuklir-yGTvG3cBU7.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

MOSKOW – China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) telah merilis pernyataan bersama yang menegaskan ketidaksetujuan mereka untuk menggunakan persenjataan nuklir untuk tujuan ofensif. Lima negara kuat dunia ini juga berjanji untuk bekerja sama dalam perlucutan senjata nuklir.

"Kami menegaskan bahwa perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan tidak boleh dilakukan," demikian bunyi pernyataan yang dirilis pada Senin (3/1/2022).

BACA JUGA: Tegang dengan NATO, Rusia Siap Kerahkan Rudal Nuklir Jarak Menengah di Eropa

“Karena penggunaan nuklir akan memiliki konsekuensi yang luas, kami juga menegaskan bahwa senjata nuklir, selama mereka terus ada, harus digunakan untuk tujuan defensif, mencegah agresi, dan mencegah perang.”

Lima negara penanda tangan pernyataan itu mengatakan mereka akan terus mematuhi “perjanjian dan komitmen non-proliferasi, pelucutan senjata, dan kontrol senjata bilateral dan multilateral mereka,” dan mengklaim bahwa tidak ada senjata nuklir mereka yang ditargetkan ke satu sama lain atau negara lain.

BACA JUGA: Indonesia Serukan Penggunaan Nuklir untuk Tujuan Damai

Senjata nuklir tidak hanya dimiliki oleh lima negara, yang dikenal sebagai P5, tersebut. India, Pakistan juga diketahui memiliki senjata nuklir, sementara Israel dan Korea Utara diyakini juga telah mengembangkan senjata pemusnah massal itu.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Pernyataan tersebut diumumkan di saat hubungan antara beberapa negara P5 berada pada titik terendah. Rusia dan AS telah lama bertengkar tentang penempatan nuklir Amerika di Eropa, dan tudingan Washington yang mengklaim Moskow berencana untuk menginvasi Ukraina. Bahkan, anggota parlemen AS baru-baru ini menyerukan untuk memicu perang nuklir dengan Rusia jika diperlukan.

Hubungan AS dengan China juga tidak terlalu baik dalam beberapa waktu belakangan, dengan Washington menyampaikan keprihatinan akan peningkatan persenjataan nuklir China. Pada November Pentagon telah meningkatkan estimasinya tentang proyeksi persenjataan senjata nuklir China selama beberapa tahun mendatang, mengatakan Beijing dapat memiliki 700 hulu ledak nuklir pada 2027 dan mungkin 1.000 pada 2030.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini