Share

Kunjungan ke Timteng, Presiden Korsel Puji K-Pop yang Bisa Memesona Dunia

Agregasi VOA, · Senin 17 Januari 2022 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 18 2533171 kunjungan-ke-timteng-presiden-korsel-puji-k-pop-yang-bisa-memesona-dunia-fYTwT1M0g2.jpg Presiden Korea Selatan Mo0n Jae-in (Foto: AP)

SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in di awal kunjungan ke Timur Tengah (Timteng), pada Minggu (16/1) mengatakan pendekatan soft power (cara mempengaruhi negara lain melalui kegiatan sosial budaya) Korea Selatan sesuai dengan pencapaian ekonominya. Pendekatan ini diharapkan berfokus pada beberapa peluang bisnis dan perdagangan.

Saat tiba di Dubai Expo di Uni Emirat Arab, Presiden memuji bintang K-pop yang dianggap telah "mempesona dunia". Ini adalah persinggahan pertama Presiden yang akan membawanya ke Arab Saudi dan Mesir.

Moon menyampaikan musik pop Korea, TV dan film menjadi sangat populer di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di negara-negara di Timur Tengah.

“Kerinduan orang Korea akan kebahagiaan bersama telah memupuk soft power sekuat kemampuan ekonomi mereka,” kata Moon, dalam pidato yang diakhiri dengan pertunjukan olah raga taekwondo dan tarian tradisional.

Baca juga: Lemhannas Cermati Demam K-Pop di Tanah Air

Jadwal Moon di UEA termasuk pertemuan dengan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al-Nahyan.

Menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, Presiden diharapkan membahas kerjasama dalam industri hidrogen, sektor yang berkembang pada era pasca bahan bakar fosil, dan kolaborasi dalam pertahanan, infrastruktur, dan perubahan iklim.

Baca juga: Covid-19 Melonjak, Presiden Korsel Perintahkan RS Tambah Tempat Tidur Pasien

Pada Selasa (18/1), Moon dijadwalkan bertemu dengan pemimpin de facto Arab Saudi Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Riyadh, serta Yasir Al-Rumayyan, pimpinan raksasa minyak Aramco dan dana kekayaan kedaulatan Saudi.

Presiden Korea Selatan itu berencana akan mengumumkan dimulainya kembali pembicaraan perdagangan bebas dengan kawasan Teluk setelah bertemu dengan pemimpin Dewan Kerjasama Teluk Nayef al-Hajraf pada Rabu (19/1), sebelum berdiskusi dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Kairo pada hari Kamis, menurut kantor berita tersebut.

Seperti diketahui, budaya Korea sedang naik daun setelah kesuksesan band K-pop seperti BTS, film pemenang Oscar "Parasite" dan acara televisi seperti "Squid Game," peluncuran serial Netflix yang paling populer.

Kemeriahan tidak lepas dari wilayah Teluk, ketika BTS sebagai artis yang paling banyak diputar di Spotify tahun lalu di Arab Saudi, negara yang biasanya dipandang sebagai benteng konservatisme Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini