Share

Burkina Faso Dilanda Kudeta, Tentara Gulingkan Presiden dan Bubarkan Pemerintahan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 25 Januari 2022 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 18 2537207 burkina-faso-dilanda-kudeta-tentara-gulingkan-presiden-dan-bubarkan-pemerintahan-0PrXa4DuJo.JPG Foto: Reuters.

OUAGADOUGOU - Tentara Burkina Faso pada Senin (24/1/2022) mengatakan bahwa mereka telah menggulingkan Presiden Roch Kabore, menangguhkan konstitusi, membubarkan pemerintah dan majelis nasional, dan menutup perbatasan negara. Ini merupakan kudeta kedua yang terjadi di negara Afrika Barat itu dalam satu dekade terakhir.

Pengumuman tersebut mengutip memburuknya situasi keamanan dan apa yang digambarkan oleh tentara sebagai ketidakmampuan Kabore untuk menyatukan Burkina Faso dan secara efektif menanggapi tantangan, termasuk pemberontakan militan Islamis, sebagai alasan kudeta.

BACA JUGA: Tentara Memberontak, Baku Tembak Pecah di Kamp-Kamp Militer Burkina Faso

Ditandatangani oleh Letnan Kolonel Paul-Henri Sandaogo Damiba dan dibacakan oleh petugas lain di televisi pemerintah, pengumuman itu mengatakan pengambilalihan itu dilakukan tanpa kekerasan dan bahwa mereka yang ditahan berada di lokasi yang aman.

Pernyataan itu dibuat atas nama entitas yang sebelumnya tidak pernah terdengar sebelumnya, Gerakan Patriotik untuk Perlindungan dan Pemulihan, atau MPSR, akronim bahasa Prancisnya.

BACA JUGA: Serangan Militan di Burkina Faso Tewaskan Lebih dari 160 Warga Sipil

"MPSR, yang mencakup semua bagian tentara, telah memutuskan untuk mengakhiri jabatan Presiden Kabore hari ini," katanya sebagaimana dilansir Reuters.

Keberadaan Kabore tidak diketahui pada Senin, dengan laporan yang saling bertentangan tentang situasinya.

Sejumlah negara Afrika telah mengalami kudeta selama 18 bulan terakhir. Tentara di Mali dan Guinea telah menggulingkan pemerintah mereka, sementara militer Chad mengambil alih pemerintahan setelah Presiden Idriss Deby tewas dalam pertempuran melawan pemberontak di medan perang di utara negara itu.

Burkina Faso yang terkurung daratan, salah satu negara termiskin di Afrika Barat meskipun merupakan produsen emas, telah mengalami banyak kudeta sejak kemerdekaan dari Prancis pada 1960.

MPSR mengatakan akan mengusulkan kalender untuk kembali ke tatanan konstitusional "dalam jangka waktu yang wajar, setelah berkonsultasi dengan berbagai bagian bangsa."

Siaran itu muncul setelah dua hari kebingungan dan ketakutan di Ouagadougou, ibu kota, tempat penembakan meletus di kamp-kamp tentara pada Minggu (23/1/2022), dengan tentara menuntut lebih banyak sumber daya untuk memerangi gerilyawan Islamis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini